Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarichah, Ayu (2018) Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ayu Mufarichah_D91214086.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo ?(2) Bagaimana perilaku sopan santun peserta didik di Mts Negeri 1 Sidoarjo? (3) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik di MTS negeri 1 Sidoarjo? Pernelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan perilaku sopan santun yang saat ini semakin memudar seiring perkembangan zaman. Kecerdasan emosional dan spiritual merupakan kecerdasan yang amat penting. Sebab kedua kecerdasan sangat berguna untuk mengendalikan perilaku manusia. Data-data penelitian ini dihimpun dari peseerta didik di MTs Negeri 1 Sidoarjo sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier ganda, dapat disimpulkan bahwa : (1) persentase kecerdasan emosional pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 84 % termasuk dalam katergori baik, sedangkan persentase kecerdasan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 84,5 % termasuk dalam katergori baik, (2) perilaku sopan santun peserta didik di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 85% termasuk kategori baik. (3) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik, diperoleh nilai 45,8 % termasuk kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarichah, Ayumufarichahayu@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Kecerdasan
Pendidikan
Keywords: Kecerdasan emosional; kecerdasan spiritual; sopan santun
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mufarichah Ayu
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:29
Last Modified: 15 Feb 2018 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23244

Actions (login required)

View Item View Item