Pesan dakwah Dr. KH. Musta'in Syafi'i dalam program acara sentuhan qalbu BBSTV Surabaya: analisis Framing model William A. Gamson dan Andre Modigliani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiqoh, Yusnia I'anatur (2018) Pesan dakwah Dr. KH. Musta'in Syafi'i dalam program acara sentuhan qalbu BBSTV Surabaya: analisis Framing model William A. Gamson dan Andre Modigliani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yusnia I’anatur Rofiqoh_B71214062.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana pesan dakwah ceramah Dr. KH. Musta’in Syafi’i dalam Program Acara Sentuhan Qalbu BBSTV Surabaya. Dan mengetahui bagaimana kandungan pesan dakwah dalam ceramah tersebut berdasarkan teori analisis framing dua arah model William A. Gamson dan Andre Modigliani. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif non kancah. Kemudian untuk mendapatkan data peneliti melakukan observasi dan menggunakan dokumen terkait. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis framing model William A. Gamson dan Andre Modigliani. Hasil penelitian ini menunjukan Program Acara Sentuhan Qalbu dengan Tema Qalbu Asuhan Tuhan Oleh Dr. KH. Musta’in Syafi’i di BBSTV, dalam Core Frame mengandung pesan dakwah yang meliputi masalah akidah, syari’ah dan akhlak. Ceramah tersebut lebih dominan pada pesan dakwah akidah, yang direpresentasikan dalam gagasan utama tentang nadrah (pandangan yang objektif langsung di nilai dari hati kita) dan nafhah (adanya kesadaran yang tak terduga dari Allah) dimana hati seseorang itu yang menggerakan pasti Allah. Karena hati yang digerakan oleh Allah tersebut, hal ini masuk dalam kategori Iman kepada Allah dan juga tentang takdir. Takdir atau qadla dan qadar, merupakan rukun Iman yang ke enam. Beriman pada takdir artinya seseorang mempercayai dan meyakini bahwa Allah telah menjadikan segala makhluk dengan kodrat irodat-Nya dan segala hikmah. Rekomendasi dalam penelitian ini hendaknya kajian tentang program acara sentuhan qalbu dapat dilanjutkan oleh penetian lain dengan menggunakan model analisis yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiqoh, Yusnia I'anaturianayusnia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; Framing; ceramah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rofiqoh Yusnia I'anatur
Date Deposited: 14 Feb 2018 06:31
Last Modified: 14 Feb 2018 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23248

Actions (login required)

View Item View Item