Peran tokoh agama dalam kehidupan sosial keagamaan: studi peran Kyai Abdul Hakim di Desa Lajo Lor Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustafidah, Arina (2018) Peran tokoh agama dalam kehidupan sosial keagamaan: studi peran Kyai Abdul Hakim di Desa Lajo Lor Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Arina Mustafidah_I73214013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Terdapat dua fokus yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana Peran Kyai Abdul Hakim dalam Kehidupan Sosial Keagamaan di Desa Lajolor? dan (2) Bagaimana Pandangan Masyarakat terhadap peran Kyai Abdul Hakim dalam Kehidupan Sosial Keagamaan di Desa Lajolor?, Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran Kyai Abdul Hakim dalam kehidupan sosial keagamaan Desa Lajo Lor Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban, dan mengetahui pandangan masyarakat terhadap peran Kyai Abdul Hakim di Desa Lajo Lor Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Untuk menjawab semua dari permasalahan yang ada, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehingga data-data yang diperoleh dilapangan diterangkan secara deskriptif, mendalam dan menyeluruh. Mengenai teori yang digunakan dalam judul Peran Tokoh Agama dalam Kehidupan Sosial Keagamaan (Studi Peran Kyai Abdul Hakim di Desa Lajolor Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban) adalah Teori Fungsionalisme Struktural-Talcott Parsons.Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Desa Lajolor ini ditemukan bahwa: adanya status dan peran kyai Abdul Hakim berfungsi bagi masyarakat Desa Lajo Lor. Karena kyai merupakan sosok yang mempunyai kharismatik, sangat dipercaya dan menjadi panutan oleh masyarakat. Selain itu ditemukan (1) Peran sosial kyai Abdul Hakim yang dilakukan dengan berbaur kepada masyarakat Desa Lajo Lor, menjalin hubungan antara kyai dan masyarakat dengan baik, mendatangi secara fisik dengan cara mendatangi rumah-rumah warga dengan tujuan berbaur dengan masyarakat Desa Lajo Lor sehingga kyai mudah melakukan penyatuan terhadap masyarakat, peran kyai Abdul Hakim dalam kehidupan sosial keagamaan tidak hanya dalam kegiatan muslimat dan fatayat NU, mengadakan kajian rutin yang dihadiri ibu-ibu setiap hari ahad legi, namun kiprah yang diberikan tidak lepas dari pemuda-pemuda Desa Lajo Lor dengan membentuk IPM (Ikatan Pemuda Masjid), pemuda tersebut ditanamkan oleh kyai sikap gotong royong, selain itu pemuda di Desa Lajo Lor diberi kesempatan untuk mengaji kitab di pondok pesantren. (2) Pandangan masyarakat Desa Lajo Lor sangatlah baik terhadap keberadaan kyai Abdul Hakim. Karena keterlibatan beliau membawa dampak positif bagi masyarakat Desa Lajo lor, dan beliau dalam berperan sangatlah ramah terhadap masyarakat, serta tidak menggunakan prinsip kesetaraan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustafidah, Arinaarinamusta19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi > Sosiologi Agama
Sosiologi > Sosiologi Islam
Keywords: Tokoh agama; kyai; kehidupan sosial keagamaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Mustafidah Arina
Date Deposited: 15 Feb 2018 04:11
Last Modified: 15 Feb 2018 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23279

Actions (login required)

View Item View Item