Edukasi program Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) dalam membangun masyarakat peduli lingkungan di Desa Sruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wiranti, Nia Dyah Ayu (2018) Edukasi program Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) dalam membangun masyarakat peduli lingkungan di Desa Sruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nia Dyah Ayu Wiranti_I73214035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan mengenai Edukasi Program Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) dalam Membangun Masyarakat Peduli Lingkungan Desa Sruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah mengenai (1) Bagaimana Edukasi Program Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) di Desa Sruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo? (2) Bagaimana implikasi Program Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) dalam membangun masyarakat peduli lingkungan di Desa Sruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi secara langsung maupun tidak langsung, wawancara dengan obyek (informan) yang ditentukan dan dokumentasi sebagai bukti atau penunjang dalam penelitian tersebut. Teori fungsionalisme struktural Talcott Parsons digunakan untuk menganalisis fungsi tiap struktur lapisan masyarakat dalam kaitannya dengan Edukasi Program Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) dalam membangun masyarakat peduli lingkungan Desa Sruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa : 1.) Edukasi Program SBH dilakukan dengan memberikan stimulus pada masyarakat berupa pengadaan kompetisi, dimana pada kompetisi tersebut diberikan pendampingan selama 4 bulan oleh tim dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Pengedukasian ini pun tidak luput dari peran lembaga pemerintahan tingkat kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT yang turut membantu membangun kepedulian lingkungan pada masyarakat di Desa Sruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. 2.) Implikasi dari Program SBH dapat dikatakan signifikan. Karena dengan adanya program SBH masyarakat mendapatkan tambahan pengetahuan terkait dengan lingkungan, utamanya mengenai pemilahan dan pengolahan sampah. Masyarakat menjadi tergerak dengan membuat inovasi-inovasi terkait dengan pengelolaan lingkungan sekitarnya. Pengaruh itu menjadi lebih signifikan karena adanya kerjasama antar lapisan masyarakat (pemerintah dan warga desa) dalam pengolahan lingkungan. Meskipun perubahan tersebut tidak terjadi dalam waktu yang cepat dan serentak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wiranti, Nia Dyah Ayunidyahayuw228@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Sosiologi
Keywords: Edukasi; program Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH); peduli lingkungan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Wiranti Nia Dyah Ayu
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:34
Last Modified: 15 Feb 2018 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23282

Actions (login required)

View Item View Item