Analisis penerapan PSAK 109 dalam laporan keuangan di yayasan dana sosial al-Falah Surabaya tahun 2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Tirza Aprillia (2018) Analisis penerapan PSAK 109 dalam laporan keuangan di yayasan dana sosial al-Falah Surabaya tahun 2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tirza Aprillia Anggraini_C04212040.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan laporan keuangan yang dibuat oleh Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no. 109 mengenai laporan keuangan lembaga zakat, infak dan sedekah (LAZIS). Sehingga akan diketahui seberapa jauh penerapan dan kesesuaian yang dilakukan oleh YDSF terhadap laporan keuangannya. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif. Data laporan keuangan diambil dari hasil wawancara staff dan sumber sekunder berupa laporan keuangan YDSF tahun 2016 kemudian dianalisis dengan menggunakan PSAK no. 109 dan disajikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, YDSF Surabaya sebagai salah satu lembaga amil zakat pada tahun 2016 menyajikan laporan keuangannya dalam bentuk laporan keuangan dengan pos maupun akun-akun yang dicatatkan tersebut sesuai dengan aturan PSAK no.109. Namun, ada beberapa akun yang tidak termasuk dalam PSAK no. 109 yaitu akun dana bagi hasil, selain itu juga tidak terdapatnya akun penyusutan aset dalam laporan posisi keuangan dan laporan aset kelolaan. Walaupun demikian YDSF Surabaya dapat dikatakan telah menerapkan PSAK no.109 di dalam Laporan Keuangannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Tirza Aprilliatirzaaprillia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Ekonomi Islam
Keywords: Laporan keuangan; PSAK no. 109; lembaga amil zakat infak dan sedekah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anggraini Tirza Aprillia
Date Deposited: 19 Feb 2018 03:22
Last Modified: 19 Feb 2018 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item View Item