Analisis semiotik pesan dakwah dalam syi'ir Padang Bulan karya Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnomo, Edi (2018) Analisis semiotik pesan dakwah dalam syi'ir Padang Bulan karya Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Edi Purnomo_B91214072.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan metode analisis semiotik model Charless Sanders Pierce dengan triangle meaningnya.Dalam metode penelitian ini tujuanya untuk mengetahui macam-macam pesan dakwah yang terkandung dalam Syi’ir Padang Bulan.Adapun temuan hasil penelitian ini adalah bahwa syi’ir Padang Bulan yang dilantunkan oleh Habib Luthfi hanya mengandung pesan dakwah bermuatan akhlak.Syi’ir dapat dimanfaatkan sebagai sumber dan media pendidikan di pesantren, majlis taklim, madrasah, dan juga dapat dijadikan sebagai sumber media dakwah. Karena syi’ir dapat digunakan sebagai penyampaian pesan dakwah yang efektif. Khususnya bagi umat Islam yang sehari-hari sibuk dengan pekerjaan yang ditekuni, bagi umat yang tidak bisa mengikuti kegiatan keagamaan, dan juga bagi umat yang cenderung merasa malu dan sungkan untuk ikut serta kegiatan keagamaan.Salah satu peyampaian pesan dakwah dengan syi’ir telah dilakukan oleh Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya dengan syi’irnya yang berjudul Padang Bulan. Syi’ir yang dilantunkan oleh Habib Luthfi mengandung pesan yang bermanfaat bagi orang yang mendengarnya.Dalam syi’ir Padang Bulan yang beliau lantunkan mengandung arti yang menyentuh hati dan membuat orang untuk bermuhasabah.Sehingga syi’ir ini menarik untuk diteliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnomo, EdiPurnomoedi144@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Semiotika
Keywords: Pesan dakwah; syi’ir
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Purnomo Edi
Date Deposited: 19 Feb 2018 03:24
Last Modified: 19 Feb 2018 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23343

Actions (login required)

View Item View Item