Gaya retorika dakwah mubaligh M. Ali Misbahul Munir di Mleto Kelurahan Klampis Ngasem Kecamatan Sukolilo Surabaya dalam tinjauan teori retorika Aristoteles

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhira, Devi Umratin (2018) Gaya retorika dakwah mubaligh M. Ali Misbahul Munir di Mleto Kelurahan Klampis Ngasem Kecamatan Sukolilo Surabaya dalam tinjauan teori retorika Aristoteles. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Umratin Nadhira_B71213035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis akan mengupas bagaimana retorika dakwah Ustadz Ali Misbahul Munir, yang mencakup tiga hal yaitu, olah verbal, olah vokal dan olah visual. Metode Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus pada gaya retorika yang meliputi olah vocal, olah verbal, dan olah visual. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi yang dilakukan oleh penulis secara langsung, wawancara, dan dokumentasi berupa video pendakwah saat berceramah. Sedangkan penelitian ini menggunakan analisa miles dan huberman. Sedangkan data dikumpulkan lalu di reduksi, kemudian disajikan dan disimpulkan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya retorika dakwah yang digunakan oleh ustad Ali Misbahul Munir yaitu olah verbal / gaya bahasa yang digunakan gaya bahasa percakapan dalam pemilihan bahasa berdasarkan struktur kalimat menggunakan bahasa klimaks, antitesis, repetisi yang meliputi Epizeuksis, simploke, dan toutotes. Begitu juga dengan olah vokal, beliau sangat memperhatikan pitch, rendah dan tingginya suara dan pause. Kemudian dilengkapi dengan olah visual beliau, sikap badan, penampilan dan pakaian yang beliau gunakan sangat sopan, air muka dan gerakan tangan yang pasketika berceramah.Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, alangkah baiknya apabila para mubaligh/ mubaligha memahami metode dakwah dan berretorika dengan baik agar para mad’u lebih nyaman ketika mendengarkan apa yang disampaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhira, Devi Umratindevinadhira@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah
Keywords: Gaya retorika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nadhira Devi Umratin
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:06
Last Modified: 15 Feb 2018 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23363

Actions (login required)

View Item View Item