Tinjauan sadd adz dzari'ah terhadap sistem pencegahan kekerasan dalam rumah tangga oleh BP4 KUA Kenjeran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abduh, Ahmad Maulana (2018) Tinjauan sadd adz dzari'ah terhadap sistem pencegahan kekerasan dalam rumah tangga oleh BP4 KUA Kenjeran Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Maulana Abduh_C91213139.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (Field Research). Adapun rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah: pertama, Bagaimana upaya pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga oleh BP4 KUA Kenjeran Surabaya? Kedua, Bagaimana Tinjauan sadd adz-dzari’ah terhadap sistem pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga oleh BP4 KUA Kenjeran? Data penelitian ini diperoleh dari penelitian langsung di KUA Kenjeran dan yang menjadi focus penelitian ialah bagaimana upaya pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga oleh BP4 KUA Kenjeran, beberapa kitab atau buku yang menjelaskan dan mengungkapkan pandangan Hukum Islam dalam hal pencegahan kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara mengumpulkan bahan yang diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan teori atau ketentuan hukum yang diperoleh dalam studi kepustakaan. Sadd Adz-zari’ah adalah perbuatan yang dilakukan seseorang yang sebelumnya mengandung kemaslahatan, tetapi berakhir dengan suatu kerusakan. sadd adz-dzari’ah merupakan upaya preventif agar tidak terjadi sesuatu yang menimbulkan dampak negatif. nusyūz adalah tindakan meninggalkan kewajiban bersuami istri. Sedangkan Syiqaq merupakan perselisihan yang berawal dan terjadi pada kedua belah pihak suami dan istri secara bersama-sama BP-4 KUA kenjeran mempunyai peranan penting dalam melakukan pencegahan kekerasan dalam rumah tangga dan dari hasil analisis hukum islam BP4 diposisikan menjadi seorang h}akam atau suatu lembaga yang mempunyai peran sebagai mediator dalam suatu persoalan rumah tangga dan mempunyai peran juga mendamaikan setiap perselisihan di dalam rumah tangga. Poin penting dari penelitian ini, bahwa sistem pencegahan kekerasan dalam rumah tangga oleh BP4 sejalan dengan Hukum Islam. Sejalan dengan kesimpulan di atas, peneliti mengharapkan pemahaman masyarakat terhadap agama yang benar, perlunya dijelaskan pengorbanan, kasih sayang dan tanggung jawab dalam membina rumah tangga agar dapat memebangun pondasi rumah tangga yang kokoh dengan pernikahan yang sakinah, mawaddah dan wa rahmah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abduh, Ahmad Maulanaabduh171195@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Kekerasan
Keywords: Tinjauan sadd adz dzari'ah; pencegahan KDRT; BP4; KUA Kenjeran
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Abduh Ahmad Maulana
Date Deposited: 26 Feb 2018 06:21
Last Modified: 26 Feb 2018 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23368

Actions (login required)

View Item View Item