Tinjauan hukum pidana Islam terhadap putusan hakim nomor 665/Pid.Sus/2015/PN.Sda dan putusan nomor 661/Pid.Sus/2015/PN.Sda tentang tindak pidana narkotika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Absor, ulul (2018) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap putusan hakim nomor 665/Pid.Sus/2015/PN.Sda dan putusan nomor 661/Pid.Sus/2015/PN.Sda tentang tindak pidana narkotika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ulul Absor_C73213101.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: 1. Bagaimana Dasar Pertimbangan Hakim Terhadap Putusan Nomor 665/Pid.Sus/2015/PN.Sda tentang tindak pidana narkotika?, 2. Bagaimana Dasar Pertimbangan Hakim terhadap Putusan Nomor 661/Pid.Sus/2015/PN.Sda tentang tindak pidana narkotika? dan 3. Bagaimana Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap Putusan Hakim Nomor 665/Pid.Sus/2015/PN.Sda dan Putusan Nomor 661/Pid.Sus/2015/PN.Sda tentang tindak pidana narkotika? Pendekatan yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan pustaka. Data yang berhasil dikumpulkan dihimpun melalui pembacaan dan kajian teks (text reading), yang selanjutnya disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Proses Penelitian ini menemukan bahwa terdakwa Muhammat Wildan yang membeli, memiliki, memakai narkotika jenis sabu dan terdakwa mengajak Taureq Ahmad Muhamat dan Sandra Dwi Aprillia untuk memakai narkotika bersama. Namun pidana penjara yang diberikan berbeda yaitu terdakwa Muhammat Wildan dihukum selama 1 tahun penjara sedangkan Taureq Ahmad Muhamat dan Sandra Dwi Aprillia dihukum 1 tahun 3 bulan. Dalam Hukum Pidana Islam tidak membedakan antara pemakai, pembeli, pemilik, ketiganya merupakan jarimah takzir karena belum diatur secara khusus dalam Alquran maupun hadis. Namun jenis dan berat ringannya hukumannya jelas berbeda tergantung pada tingkatan maksud jahat dan iktikad jahatnya. Penelitian skripsi ini memiliki kesimpulan Hakim menjatuhkan pidana penjara dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun tehadap tedakwa Muhammad Wildan dan pidana penjara selama 1 (satu) tahun 3 (tiga) bulan terhadap terdakwa Taureq Ahmad Muhamat dan Sandra Dwi Aprillia. Dan dalam hukum pidana Islam hukuman bagi pemakai, pembeli, pemilik adalah takzir. Selain itu skripsi ini memberikan saran sebagai berikut: Hakim Pengadilan Negeri Sidoarjo haruslah lebih jeli ketika dalam menyelesaikan suatu perkara. Karena sekecil apapun hal yang berkaitan dengan kasus pidana pasti akan memberikan dampak terhadap hukuman terdakwa. Dan memberikan hukuman yang seadil-adilnya. Jika hukuman itu kurang adil maka pelaku akan terus berani mengulang kejahatanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Absor, ululsanklebun@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Hukum Islam > Pidana Positif
Keywords: Tindak pidana; narkotika
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Absor Ulul
Date Deposited: 19 Feb 2018 03:04
Last Modified: 18 Mar 2019 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23369

Actions (login required)

View Item View Item