Problema pembagian air PDAM pada masyarakat di Desa Ngandong Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurfiana, Ika (2018) Problema pembagian air PDAM pada masyarakat di Desa Ngandong Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ika Nurfiana_I73214017.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yakni problema yang terjadi dan dampak dari problema pembagian air PDAM pada masyarakat. Serta cara mengatasi problema pembagian air PDAM pada masyarakat di desa Ngandong kecamatan Grabagan kabupaten Tuban. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori konflik Ralf Dahrendorf yaitu antara masyarakat yang satu dengan yang lain sudah saling kenal, selain itu adanya keteraturan yang terdapat dalam masyarakat hanyalah disebabkan karena adanya tekanan atau pemaksaan kekuasaan dari atas oleh golongan yang berkuasa yang kemudian terjadilah kerjasama untuk meredakan konflik tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa problema pembagian air PDAM pada masyarakat di Desa Ngandong Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban disebabkan oleh adanya penyalahgunaan air PDAM dari sebagian masyarakat. Air yang seharusnya di gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di gunakan untuk menyiram tanaman bawang merah, sehingga menimbulkan kurangnya pemerataan dalam pembagian air PDAM tersebut yang berdampak pada masyarakat setempat, petani bawang merah dan petugas pembagi air yaitu saling main belakang, tidak bertegur sapa, bahkan saling bertengkar. Oleh karena itu, diperlukan adanya musyawarah bersama antara Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, petani bawang merah, masyarakat setempat, dan petugas pembagi air supaya problem tersebut bisa diatasi dan tidak terjadi lagi. Selain itu, harus adanya pengeboran air supaya masyarakat tidak kekurangan air lagi. Akan tetapi, yang berperan utama dalam mengatasi problema tersebut adalah kesadaran dari masing masing masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurfiana, IkaIkanurfiana64@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Sosiologi
Keywords: PDAM; masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nurfiana Ika
Date Deposited: 19 Feb 2018 01:12
Last Modified: 19 Feb 2018 01:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23399

Actions (login required)

View Item View Item