Respon manusia terhadap nikmat Allah dalam al-Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Hasan Zainal (2017) Respon manusia terhadap nikmat Allah dalam al-Quran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hasan Zainal Arifin_E03212010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian pada penulisan ini adalah seputar respon manusia terhadap nikmat yang Allah SWT berikan baik kepadanya atau kepada yang lainnya. Respon manusia bermacam-macam dalam menyikapi setiap nikmat-Nya. Allah telah menyebutkan sikap-sikap manusia tersebut dalam firman-Nya yang kemudian menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini. Peneliti hanya perlu mengklasifikasikan ayat-ayat, mentafsir, dan menganalisis sesuai dengan munasabatul ayat, asbabun nuzul, makna kata dan tafsir ayat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode maud}u<’i atau tematik. Dengan menggunakan metode tersebut, terdapat beberapa hal yang ditemukan dalam al-Qur’an yang menyebutkan respon manusia terhadap nikmat yang Allah berikan. Respon-respon tersebut seperti bakhil atau kikir (A<li-‘Imra<n:180 dan Al-Isra<’:100), iri hati atau dengki (An-Nisa<’: 32,54 dan Al-Baqarah: 90,109), bersedih hati (A<li-‘Imra<n: 120 dan Al- H{adid: 23), bersyukur (Al-Insa<n: 3), dan memamerkan (Al-Baqarah: 264). Respon-respon yang Allah jelaskan dalam firman-Nya tidak hanya sebagai klasifikasi atas sikap manusia dalam menerima nikmat-Nya tetapi juga terdapat hal-hal yang Allah ajarkan sebagai cerminan bagi manusia untuk berinstrospeksi diri dalam merespon nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada mereka agar menerimanya dengan keimanan yang baik dan selalu bertawakkal kepada Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Hasan Zainalhasanzainalarifin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Al Qur'an
Keywords: Respon manusia; nikmat Allah; al-Qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Arifin Hasan Zainal
Date Deposited: 22 Feb 2018 03:41
Last Modified: 22 Feb 2018 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23427

Actions (login required)

View Item View Item