Peraturan Pemerintah pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan dalam pandangan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafi'i, Imam (2018) Peraturan Pemerintah pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan dalam pandangan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Safii_E04213036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan PWNU Jatim terhadap Perppu No 2 Tahun 2017, yang nantinya akan dianalisis dengan teori sekuritisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut; Jenis penelitian adalah penilitian lapangan (field research) dan bersifat eksploratif. Lokasi penelitiannya di Kota Surabaya, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Datanya diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perppu No 2 Tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan dalam hal ini memang dibutuhkan sehingga perlu diterbitkan oleh pemerintah mengingat adanya ancaman keutuhan NKRI dari paham anti pancasila atau radikalisme yang justru disebarluaskan melalui ormas. (2) PWNU Jatim mendukung Perppu Nomor 2 Tahun 2017 agar Ormas yang menganut paham anti pancasila di Indonesia bisa dibendung. Munculnya Ormas radikal dimaksudkan sebagai upaya untuk menertibkan ormas-ormas yang cenderung radikal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafi'i, Imamimamsafii550@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects:
Keywords: Perppu Nomor 2 Tahun 2017; Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur; Sekuritisasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Safii Imam
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:11
Last Modified: 20 Feb 2018 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23466

Actions (login required)

View Item View Item