Dakwah media cetak: analisis pesan dakwah artikel KH. Agoes Ali Masyhuri pada kolom Jawa Pos Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jaka Setiono, Ivan (2018) Dakwah media cetak: analisis pesan dakwah artikel KH. Agoes Ali Masyhuri pada kolom Jawa Pos Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ivan Jaka Setiono_B71214043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis semiotik yang merupakan salah satu bentuk dari analisis teks media. Yaitu semiotik model Charles Sanders Peirce. Ada satu fokus persoalan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu tentang isi pesan dakwah artikel KH. Agoes Ali Masyhuri yang berjudul “Mengetuk Pintu Langit”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis pesan dakwah yang ada pada artikel KH. Agoes Ali Masyhuri. Untuk mengungkap persoalan secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengananalisis semiotik model Charles Sanders Peirce sebagai pisau bedah yang berguna untuk memaparkan data dan fakta secara mendalam mengenai isi pesan dakwah dalam artikel KH. Agoes Ali Masyhuri yang berjudul “Mengetuk Pintu Langit”. Dari penelitian tersebut maka penulis menemukan kesimpulan dari seluruh teks artikel tersebut, peneliti menemukan beberapa manfaat dari qiyamul lail. Peneliti juga menemukan kesimpulan pesan dakwah apa saja yang ada dalam artikel tersebut. di antaranya adalah mengandung pesan dakwah akhlak, akidah dan syari’ah. Demi kemajuan civitas akademika, diharapkan untuk semakin memperbanyak penelitian pesan dakwah dalam media massa. Baik itu media cetak, online, radio dan sebagainya. Khususnya media cetak yang mulai tergerus oleh media online, buat para pendakwah sarannya agar tetaplah memasuki dakwah media cetak agar dakwah media cetak tidak ditinggalkan. Rekomendasi penelitian selanjutnya adalah bisa meneliti artikel tersebut dengan metode penelitian yang berbeda atau meneliti gaya bahasa yang ada di artikel tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jaka Setiono, Ivanivanjaka27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Media cetak; dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Setiono Ivan Jaka
Date Deposited: 20 Feb 2018 06:49
Last Modified: 02 Apr 2018 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23478

Actions (login required)

View Item View Item