Peningkatan keterampilan menulis materi menyusun paragraf melalui strategi Think Talk Write pada siswa kelas III A MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Lailatus (2018) Peningkatan keterampilan menulis materi menyusun paragraf melalui strategi Think Talk Write pada siswa kelas III A MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatus Sholihah_D07214008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan alasan rendahnya keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Masalah belajar yang dialami oleh siswa pada saat proses pembelajaran menulis yang umum yaitu siswa belum mampu menulis dengan baik sesuai ejaan. Masih banyak siswa yang menulis menggunakan bahasa ibu dan bahasa dari pengaruh lingkungan tempat tinggalnya. Dan kurang kepercayaan diri siswa dalam menuangkan ide-ide yang akan dituangkan dalam tulisnya. Strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa yaitu strategi think talk write. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan strategi think talk write dalam meningkatkan keterampilan menulis materi menyusun paragraf pada siswa kelas III A MI Badrussalam Surabaya. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis materi menyusun paragraf melalui strategi think talk write pada siswa kelas III A MI Badrussalam Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III A MI Badrussalam Surabaya, dengan jumlah 37 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Strategi penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, penilaian produk, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi think talk write dikatakan berjalan dengan baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan, dari nilai 68,75 (cukup) menjadi 90,6 (sangat tinggi) pada siklus II. Aktivitas siwa pada siklus I sebesar 69,4 (cukup) menjadi 91,6 (sangat tinggi) pada siklus II. (2) Adanya peningkatan keterampilan menulis siswa pada setiap siklus, yakni rata-rata siswa pra siklus sebesar 52,54 (rendah) siklus I sebesar 67,81 (cukup) dan menjadi 80,2 (tinggi) pada siklus II, sedangkan persentase ketuntasan keterampilan menulis siswa pada pra siklus 16% (rendah), siklus I sebesar 59% (cukup) dan meningkat menjadi 89% (tinggi) pada siklus II. Siklus I hanya 22 siswa dari 37 siswa yang tuntas sedangkan pada siklus II 33 siswa dari 37 siswa yang tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Lailatuslailatussholihah885@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Keterampilan menulis; paragraf; strategi; think talk write
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sholihah Lailatus
Date Deposited: 27 Feb 2018 06:34
Last Modified: 27 Feb 2018 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23495

Actions (login required)

View Item View Item