Sejarah perkembangan pondok pesantren Matholi'ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan pada masa KH Mahsuli Effendi (1983-2011)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuroniyah, Nuroniyah (2018) Sejarah perkembangan pondok pesantren Matholi'ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan pada masa KH Mahsuli Effendi (1983-2011). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nuroniyah_A02213077.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan Pada Masa KH Mahsuli Effendi (1983-2011)”. Dari judul tersebut muncul beberapa pembahasan yang menjadi kajian skripsi ini sebagaimana tercantum dalam rumusan masalah, yaitu: (1)Bagaimanakah Riwayat Hidup K.H Mahsuli Effendi. (2) Bagaimana Sejarah Dan Perkembangan Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan. (3) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Pengembangan Pesantren Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan. Adapun Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian sejarah. Pendekatan dan kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan sosiologis yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja yang terjadi di masa lampau serta mengungkap segi-segi sosial dari peristiwa yang dikaji seperti peranan sosial, status sosial dan sebagainya. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori peranan dari bukunya Soerjono Soekamto dan menggunakan teori kharismatik. Dari Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) K.H.Mahsuli Effen Ia lahir didesa Latukan, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur pada Tahun 1943 M - 8 desember 2011 . (2). Sejarah Dan Perkembangan Pondok Pesantren Mantholi’ul Anwar tidak pernah lepas dari KH Mahsuli Effendi. Usaha-usaha yang dilakukan oleh KH. Mahsuli Effendi dalam mengembangkan Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar adalah menyangkut pengembangan pendidikan dan untuk peningkatan sarana dan prasarana di Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar .(3) Faktor yang menyebabkan eksistensinya Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar adalah adanya sosok dan kharismatik KH. Mahsuli Effendi serta sistem pendidikan dan pengajaran yang ada dalam lembaga Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar memberikan andil besar dalam membangun umat yang baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuroniyah, Nuroniyahraniinar95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah perkembangan pondok pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nuroniyah Nuroniyah
Date Deposited: 23 Feb 2018 02:47
Last Modified: 23 Feb 2018 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23531

Actions (login required)

View Item View Item