Tinjauan hukum pidana Islam terhadap putusan Pengadilan Negeri Rantau Prapat nomor: 718/pid.b/2016/PN.Rap tentang kelalaian yang mengakibatkan kebakaran yang menimbulkan kerusakan pada barang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholison, Zuhrufatul Aini (2018) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap putusan Pengadilan Negeri Rantau Prapat nomor: 718/pid.b/2016/PN.Rap tentang kelalaian yang mengakibatkan kebakaran yang menimbulkan kerusakan pada barang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zuhrufatul Aini Kholison_C73213105.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian studi kasus dengan judul “Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Putusan Pengadilan Negeri Rantau Prapat Nomor: 718/PID.B/2016/PN.RAP Tentang Kealpaan Yang Menyebabkan Kebakaran Yang Menimbulkan Kerusakan Pada Barang” yang bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan: 1. Bagaimana pertimbangan hakim dalam putusan pengadilan negeri Rantau Prapat nomor: 718/Pid.B/2016/PN.Rap tentang kelalaian yang mengakibatkan kebakaran yang menimbulkan kerusakan pada barang. 2. Bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap pertimbangan hakim dalam putusan pengadilan negeri Rantau Prapat nomor: 718/Pid.B/2016/PN.Rap tentang kelalaian yang mengakibatkan kebakaran yang menimbulkan kerusakan pada barang. Data dalam penelitian ini dihimpun dengan mempelajari dokumen, berkas-berkas perkara dan bahan pustaka, yang selanjutnya diolah dengan beberapa tahap yaitu Editing. Melakukan pemeriksaan kembali terhadap data-data yang diperoleh secara cermat baik dari sumber primer dan sumber sekunder. Menyusun data secara sistematis dan menganalisisnya. Tahapan analisis menggunakan metode deskriptif dan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi kepada pelaku tindak pidana kelalaian yang mengakibatkan kebakaran yang menimbulkan kerusakan pada barang adalah pasal 188 KUHP, yaitu hukuman penjara 1 tahun 6 bulan, hukuman tersebut dirasa terlalu berat karena tujuan dari hukuman adalah sebagai pendidikan agar pelaku jera dan tidak melakukan perbuatan yang sama dikemudian hari. Dalam hukum pidana Islam tindak pidana ini termasuk dalam jarimah ta’zir yaitu bentuk dan hukumannya tidak ditentukan oleh nash. dan hakim diberi kewenangan untuk menjatuhkan hukuman bagi pelaku jarimah ta’zir dengan mempertimbangkan kemaslahatan umum. Sejalan dengan kesimpulan diatas, diharapkan baik aparat penegak hukum maupun masyarakat bisa berperan aktif dalam menjaga dan melindungi lingkungan khususnya dari tindakan pembakaran lahan. Dan hukuman yang dijatuhkan kepada pelaku haruslah mendidik dan memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi di masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholison, Zuhrufatul Ainizuhrufatulaini@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Pidana Islam
Hukum Islam > Pidana Positif
Keywords: Tinjauan hukum pidana Islam; Putusan Pengadilan Negeri; Kealpaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Kholison Zuhrufatul Aini
Date Deposited: 22 Feb 2018 02:11
Last Modified: 22 Feb 2018 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23536

Actions (login required)

View Item View Item