Sejarah perkembangan lembaga dakwah kampus Jama'ah Masjid Manarul 'Ilmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya tahun 1989-2017 M.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamia, Adjitya Nuril (2018) Sejarah perkembangan lembaga dakwah kampus Jama'ah Masjid Manarul 'Ilmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya tahun 1989-2017 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Adjitya Nuril Islamia_A02214001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peneliti membatasi permasalahan pada tiga hal, yaitu mengenai sejarah berdirinya Jama'ah Masjid Manarul 'Ilmi (JMMI), perkembangan JMMI dari tahun 1989-2017, dan faktor pendukung serta penghambat JMMI. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis untuk menggambarkan peristiwa JMMI pada masa lampau dan sosiologi untuk menganalisis perkembangan JMMI dari masa ke masa. Teori yang digunakan adalah teori Social Institution (lembaga kemasyarakatan)oleh Leopold Van Wiese dan Howard Becker serta teori Continuity and Change (Kesinambungan dan Perubahan) oleh John Obert Voll. Sedangkan metodenya adalah metode sejarah dengan tahapan heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa JMMI berdiri pada tahun 1989 M bertepatan pada tahun 1410 H di kampus ITS atas inisiatif para Aktivis Dakwah Kampus yang bertujuan untuk membentuk mahasiswa Muslim ITS yang berakhidah kuat, berakhlakul karimah dan berkualitas. JMMI mengalami perkembangan dari jumlah anggota, struktur kepengurusan, program kegiatan maupun sarana dan prasarana. Dari perkembangan tersebut tidak lepas dari faktor pendukung berupa sistem yang baik, sarana prasarana yang memadai dan dukungan dari civitas akademik serta masyarakat. Selain itu adanya faktor penghambat, yaitu minimnya waktu kegiatan, kurangnya kinerja pengurus, aturan NKK/BKK dan kurang bersinergi antara JMMI dengan LDJ di ITS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamia, Adjitya Nurilocadjitiya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah perkembangan; lembaga dakwah kampus; Jama'ah Masjid Manarul 'Ilmi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Islamia Adjitya Nuril
Date Deposited: 23 Feb 2018 02:14
Last Modified: 23 Feb 2018 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23540

Actions (login required)

View Item View Item