المحسنات اللفظية في المقامة الأسدية لبديع الزمان الهمذاني: بحث تحليل بلاغي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budiyawan, Achmad (2018) المحسنات اللفظية في المقامة الأسدية لبديع الزمان الهمذاني: بحث تحليل بلاغي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Budiyawan_A71213117.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus permasalahan yang dikemukakan dalam skripsi ini adalah (i) Apakah ada Al-Muhassinaat Al-Lafdhiyah di dalam Al-maqamat Al-asadiyat karya Badi’uz Zaman Al-hamdzani. (ii) bagaimana macam-macam Al-Muhassinaat Al-Lafdhiyah yang terkandung dalam Al-maqamat Al-asadiyat karya Badi’uz Zaman Al-hamdzani. Tujuan pembahasan ini adalah (i) untuk mengetahui adanya Al-Muhassinaat Al-Lafdhiyah di dalam Al-maqamat Al-asadiyat karya Badi’uz Zaman Al-hamdzani. (ii) untuk mengetahui macam-macam Al-Muhassinaat Al-Lafdhiyah (Jinas, Sajak dan raddu Al-Ajzi ‘ala Ash-Shadri) yang terkandung dalam Al-maqamat Al-asadiyat karya Badi’uz Zaman Al-hamdzani. Metode Pendekatan Linguistik yang digunakan dalam membahas permasalahan tersebut adalah metode analisis deskriptif, yaitu dengan teori Ilmu badi’, peneliti menganalisis kalimat-kalimat yang terdapat Al-Muhassinaat Al-Lafdhiyah dalam karya Badi’uz Zaman Al-hamdzani, kemudian dijelaskan lafadz-lafadz yang mengandung Al-Muhassinaat Al-Lafdhiyah tersebut baik berupa Jinas, Sajak maupun raddu Al-Ajzi ‘ala Ash-Shadri yang terdapat dalam Al-maqamat Al-asadiyat karya Badi’uz Zaman Al-Hamdzani. Dari analisa yang telah dilakukan, peneliti menemukan adanya Al-Muhassinaat Al-Lafdhiyah yang terkandung dalam Al-maqamat Al-asadiyat karya Badi’uz Zaman Al-hamdzani. Dan wujud dari Muhassinaat Al-Lafdhiyah tersebut adalah Jnas, Sajak dan raddu Al-Ajzi ‘ala Ash-Shadri. Adapun jinas merupakan dua kata yang sama pengucapannya, tetapi berbeda maknanya. Sedangkan sajak adalah kesamaan huruf akhir dalam susunan kalimat yang terdapat dalam dua kalimat atau lebih. Dan raddu Al-Ajzi ‘ala Ash-Shadri adalah pengulangan kata yang serupa dalam suatu Teks, baik berupa syair maupun prosa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budiyawan, AchmadAchmad.budiawan23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sastra
Keywords: Al muhassinaat Al lafdhiyah; Al maqamat Al asadiyat; Badi’uz Zaman Al hamdzani
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Achmad Budiyawan
Date Deposited: 23 Feb 2018 03:49
Last Modified: 23 Feb 2018 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23541

Actions (login required)

View Item View Item