Peran Kh. Achmad Zamachsyari dalam mengembangkan Pondok Modern Al Rifa’ie Malang tahun 1999-2012

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najwa, Imroatun (2018) Peran Kh. Achmad Zamachsyari dalam mengembangkan Pondok Modern Al Rifa’ie Malang tahun 1999-2012. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Imroatun Najwa_A02213037.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana Biografi KH. Achmad Zamachsyari? (2). Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Pondok Modern Al-Rifa’ie Malang? (3). Bagaimana Kontribusi KH. Achmad Zamachsyari Dalam Mengembangkan Pondok Modern Al-Rifa’ie Malang? Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis perspektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis yang berdimensi waktu). Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori dari ilmu sosiologi, yaitu teori peran Levinson dan teori kepemimpinan Max Webber. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Gus Mad lahir pada tanggal 16 Juni tahun 1943 di kampung Peneleh Surabaya dan putra dari KH. Rifai’e, pernah bersekolah di sekolah rakyat dan Mondok di Pesantren Al-Anwar Rembang Jawa Tengah. Gus Mad juga pernah menjadi pengurus ANSOR malang dan Pengasuh Pondok Al-Fattah Singosari Malang pada tahun 1972-1993 (2). Gus Mad Mendirikan Pondok Modern Al-Rifai’e pada tahun 1993 dan diresmikan pada tahun 1999 tanggal 9 September dan perkembangan Pondok Modern Al-Rifai’e sangat lah pesat dari bentuk fisik maupun non fisik. 3). Kontribusi Gus Mad dalam mengembangkan Pondok Modern Al-Rifaie dalam bentuk fisik adalah membangun sarana prasarana seperti gedung asrama, sekolahan, dan labotarium sedangkan dalam non fisik adalah memberikan pendidikan agama, pendidikan umum, extra kulikuler, dan KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najwa, Imroatunnajwaharhara05@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi
Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Ulama
Kepemimpinan
Keywords: Kh. Achmad Zamachsyari; Pondok Modern Al Rifa’ie Malang
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Najwa Imroatun
Date Deposited: 22 Feb 2018 08:44
Last Modified: 22 Feb 2018 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23550

Actions (login required)

View Item View Item