Analisis hukum Islam terhadap praktik pembiayaan murabahah di BMT Muda Jatim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sabaya, Soraya (2018) Analisis hukum Islam terhadap praktik pembiayaan murabahah di BMT Muda Jatim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Soraya Sabaya_C72214105.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menjawab pertanyaan, 1) bagaimanakah praktik pembiayaan dengan akad murabahah di BMT Muda Jatim Surabaya. 2) bagaimanakah analisis hukum Islam terhadap akad murabahah di BMT Muda Jatim Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Maksudnya pembahasan dimulai dengan mengumpulkan data yang telah diperoleh dari lapangan tentang praktik pembiayaan akad murabahah yang diajukan oleh calon nasabah kepada pihak BMT, kemudian dianalisis dengan hukum Islam yakni murabahah terhadap praktik pembiayaan di BMT Muda Jatim Surabaya. Hasil penelitian ini, diperoleh informasi mengenai praktik pembiayaan di BMT Muda Jatim Surabaya, yakni dengan akad murabahah. Dalam praktiknya nasabah datang ke BMT Muda Jatim Surabaya untuk mengajukan pembiayaan sebagai pembayaran utang kepada seorang rentenir atau Bank. Sehingga dalam kontrak tersebut berubah menjadi kontrak pinjam meminjam berupa uang. Dalam hal ini akad murabahah yang diterapkan dalam pembiayaan utang belum sesuai, karena dalam praktiknya tidak ada unsur transaksi jual beli barang melainkan pinjaman uang. Dengan adanya praktik tersebut penulis menyimpulkan bahwa pembiayaan sebagai pembayaran utang dengan akad murabahah ditinjau dari fatwa DSN MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 dalam hal ini tidak tepat atau dianggap akad yang fasid. Sebab dalam perjanjian akad murabahah tersebut pihak BMT Muda Jatim Surabaya dan nasabah tidak ada perjanjian jual beli melainkan pinjaman uang untuk pembayaran utang. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada pihak BMT Muda Jatim Surabaya, diharapkan dapat menerapkan sistem pembiayaan murabahah dengan sebenarnya sesuai ketentuan-ketentuan yang ada seperti penggunaan akad harus jelas agar tercapai visi misi yang telah dicantumkan. Dan lebih meningkatkan pembenahan dalam penentuan akad untuk pembiayaan yang diajukan oleh anggota nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sabaya, Sorayasorayasabaya1030@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Murabahah
Keywords: hukum Islam; Pembiayaan murabahah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sabaya Soraya
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:04
Last Modified: 26 Feb 2018 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23589

Actions (login required)

View Item View Item