Upaya bimbingan konseling Islam dalam meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di Desa Pedagangan Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arihah, Arihah (2009) Upaya bimbingan konseling Islam dalam meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di Desa Pedagangan Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Arihah_B03304019.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu : (1) Faktor apa saja yang dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di desa pedagangan kecamatan wringinanom kabupaten gresik (2) Bagaimana proses bimbingan konseling Islam dalam meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di desa pedagangan kecamatan wringianom kabupaten gresik (3)bagaimana hasil proses bimbingan konseling islam dalam meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di desa pedagangan kecamatan wringinanom kabupaten gresik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Faktor apa saja yang dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di desa pedagangan kecamatan wringinanom kabupaten gresik, untuk mengetahui proses bimbingan konseling Islam dalammeningkatkan rasa percaya diri seorang anak di desa pedagangan kecamatan wringianom kabupaten gresik, agar dapat mengetahui hasil proses bimbingan konseling islam dalam meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di desa pedagangan kecamatan wringinanom kabupaten gresik. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun teknik analisanya menggunakan analisa deskriptif tentang Faktor apa saja yang dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di desa pedagangan kecamatan wringinanom kabupaten gresik dan upaya bimbingan konseling Islam dalam dalam meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di desa pedagangan kecamatan wringianom kabupaten gresik. Sedangkan hasil proses dalam upaya bimbingan konseling Islam dalam meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di desa pedagangan kecamatan wringinanom kabupaten Gresik. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa : (1) yang dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di desa Pedagangan kecamatan Wringinanom kabupaten Gresik yaitu klien kurang percaya diri. Dan faktor yang dapat meningkatkan rasa percaya diri adalah : memberi kesempatan individu kesempatan untuk mencoba sesuatu, memberi pujian dan harapan, tidak diejek dan dicemoh, memberikan kepercayaan dengan individu, adanya peran serta orang tua dalam proses perkembangan orang tua,. (2) Prose bimbingan konseling Islam yang dilakukan oleh konselor melalui beberapa langkah yaitu: identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi, evaluasi dan follow up (3) Hasil proses bimbingan konseling Islam dalam meningkatkan rasa percaya diri seorang anak di desa pedagangan kecamatan wringinanom kabupaten Gresik yang dilakukan oleh konselor dinyatakan berhasil dengan perhitungan prosentase sesudah konseling adalah 80% dengan standart uji 75% sampai dengan 100% (dikategorikan berhasil). Hasil ini dapat dilihat adanya perubahan-perubahan perilaku klien yang mana gejala-gejala yang menyebabkan klien kurang percaya diri sudah berkurang setelah adanya proses konseling Islam yang dilakukan oleh konselor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arihah, ArihahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Kecemasan
Keywords: Bimbingan konseling Islam; percaya diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Arsip Dakwah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2018 08:33
Last Modified: 23 Feb 2018 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23595

Actions (login required)

View Item View Item