Perjumpaan agama dan budaya: melacak konsep dan gerakan radikalisme Islam di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basyir, Kunawi (2017) Perjumpaan agama dan budaya: melacak konsep dan gerakan radikalisme Islam di Indonesia. Kalam - Jurnal Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri Raden Intan, 11 (2). pp. 299-328. ISSN 2540-7759

[img] Text
Kunawi Basyir_Perjumpaan agama dan budaya jurnal.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/KALAM/a...

Abstract

Agama selalu diperlukan dalam kehidupan berbudaya untuk memberi arah kesadaran etika agar hasil budayanya lebih bermakna dan ideal. Sementara itu, agama memerlukan medium budaya agar ia eksis dalam kehidupan, sebab agama hanya bisa diwujudkan secara konkret dalam belantara kehidupan budaya. Kehidupan manusia selalu mencari makna. Pencarian makna ini penting sebagaimana kebutuhan mencari makan dan tempat tinggal, karena dalam kenyataannya makna kehidupan adalah kerinduan kepada Yang Maha Suci, ia merupakan kebutuhan manusia yang paling abadi. Melihat kenyataan di atas, agama selalusinkretis dengan budaya yang ada. Apabila mereka melanggar aturan atau tradisi yang ada, maka akan menimbulkan sikap keagamaan yang sektarian dan pada gilirannyaakan melahirkan masalah-masalah baru dalam memahami doktrin keagamaan yang cenderung eksklusif. Pemahaman keagamaan yang eksklusif ini telah menggejala di berbagai kalangan umat Islam di Indonesia. Mencermati hal tersebut memberikan gambaran kepada kita bahwapotret kehidupan keagamaan di Indonesia telah terjadi pergeseran yang pada awalnya tradisionalis-pluralis tetapi dengan berkembangnya modernisasi dan budaya yang ada wajah Islam Indonesia berubah menjadi modernis-radikalis. Dengan demikian kami mencoba membaca kembali dialog agama dan budaya nusantara dalam kaitannya dengan konsep dan gerakan radikalisme Islam Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basyir, Kunawikunawi@uinsby.ac.id2018096401
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Radikal dan Radikalisme
Keywords: Agama dan budaya; radikalisme Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:15
Last Modified: 11 Jul 2020 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23614

Actions (login required)

View Item View Item