Makna sukses pencari kerja dan motif menjadi PNS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Ika Hainy (2010) Makna sukses pencari kerja dan motif menjadi PNS. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ika Hainy Ramadhani_B37205005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna sukses dan sukses karir para pendaftar CPNS, mengetahui motif-motif para pencari kerja ingin menjadi PNS dan mendiskripsikan keterkaitan makna sukses pribadi dan motif untuk melamar untuk menjadi PNS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma fenomenologis dan metode fenomenologis. Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk mengembangkan pemahaman tentang bagaimana pendaftar CPNS memaknai sukses karir mereka dengan motif mereka mendaftar CPNS, serta bagaimana mereka meletakkan makna pada peristiwa yang terjadi. Paradigma fenomenologi memberikan implikasi bagi peneliti untuk melihat subjek sebagai individu yang memiliki eksistensi dan berkesadaran untuk memaknai dunianya. Para pendaftar CPNS masing-masing mempunyai makna sukses yang beragam dan berbagai motif yang melandasi keinginan untuk menjadi PNS. Sukses karir yang terbentuk dalam para pencari kerja tidak terlepas dari nilai yang mereka anut tentang makna sukses. Makna sukses itu sendiri dikonstruksi oleh interaksi individu dengan lingkungan sekitarnya. Dari penelitian ini didapatkan bahwa sukses dimaknai melalui ukuran ekstemal. Sukses diukur dari tinggi tingkat kedudukan seseorang, gengsi dan berapa banyak kekayaan yang dimiliki oleh seseorang. Tetapi disisi lain orientasi karir yang sukses yang diharapkan para pencari kerja cenderung kearah internal, yaitu tercapainya keamanan dalam karir. Karir yang aman dalam PNS adalah lebih kecilnya atau bahkan tidak adanya peluang bahwa perusahaan sewaktu­ waktu dapat bangkrut, perusahaan melakukan pengurangan karyawan, atau PHK­ an. Hal inilah yang menjadikan PNS lebih menarik daripada swasta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Ika HainyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Kerja
Keywords: Makna Sukses; Motif Menjadi PNS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2018 02:25
Last Modified: 27 Feb 2018 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23636

Actions (login required)

View Item View Item