Analisis maslahah terhadap pendapat madzhab Syiah Imamiyah mengenai kedudukan saksi dalam ikrar talak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Leny Maria (2018) Analisis maslahah terhadap pendapat madzhab Syiah Imamiyah mengenai kedudukan saksi dalam ikrar talak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Leny Maria Ulfa_C91214131.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian pustaka. Rumusan masalah adalah: Bagaimana pendapat madzhab Syiah Imamiyah mengenai kedudukan saksi dalam ikrar talak? Bagaimana analisis mas{lah{ah terhadap pendapat madzhab Syiah Imamiyah mengenai kedudukan saksi dalam ikrar talak? Penelitian ini menggunakan penelitian normatif atau kepustakaan, dimana penelitian dilakukan dengan cara meneliti bahan yang telah ada, berupa buku, kitab, undang-undang, skripsi yang berkaitan dengan kedudukan saksi dalam ikrar talak, kemudian di analisis dengan menggunakan teori mas{lah{ah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapat madzhab Syiah Imamiyah yaitu mensyaratkan saksi sebagai syarat sahnya dalam ikrar talak. Dan pendapat madzhab Syiah Imamiyah ini relevan dengan aturan Undang-undang di Indonesia. Hasil analisis mas{lah{ah menunjukkan bahwa adanya saksi dalam ikrar talak termasuk dalam mas}lah}ah al-h}a>jiyyah. Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa mas}lah}ah al-h}a>jiyyah yaitu menyempurnakan kemaslahatan pokok (mendasar) yaitu agama, jiwa, akal, keturunan, dan harta yang berbentuk keringanan untuk mempertahankan dan memelihara kebutuhan manusia. Tercapainya pemeliharaan kelima unsur pokok tersebut akan melahirkan keseimbangan dalam kehidupan keagamaan dan keduniaan. Jika kemaslahatan ini tidak ada, maka akan timbul kekacauan dalam hidup keagamaan dan keduniaan manusia. Akibat dari hal itu ialah, mereka akan kehilangan keselamatan dan kebahagiaan di akhirat. Maka, kaitannya saksi dalam ikrar talak merupakan untuk kemaslahatan, yaitu kemaslahatan jiwa dalam memelihara kebutuhan keduniaan manusia. Jika tidak ada saksi dalam ikrar talak maka jiwa manusia akan terganggu dan menimbulkan masalah di kemudian hari. Maka, untuk para keluarga di Indonesia yang hendak bercerai seharusnya mengajukan permohonan ke Pengadilan agar perceraiannya diakui secara sah menurut agama dan hukum, dan tidak ada masalah yang akan muncul nantinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Leny Marialenymaaria@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Talak
Keywords: kedudukan saksi dalam ikrar talak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ulfa Leny Maria
Date Deposited: 27 Feb 2018 07:49
Last Modified: 27 Feb 2018 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23645

Actions (login required)

View Item View Item