Pengaruh program tarbiyatul amaliyah terhadap pembentukan karakter keguruan siswa kelas XI di MAN Genukwatu Ngoro Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husin, Moh. Fajar (2018) Pengaruh program tarbiyatul amaliyah terhadap pembentukan karakter keguruan siswa kelas XI di MAN Genukwatu Ngoro Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Fajar Husin_D01211060.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berusaha mendeskripsikan tentang pengaruh program tarbiyatul amaliyah terhadap pembentukan karakter keguruan siswa kelas XI di MAN Genukwatu Ngoro Jombang. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu : (1) Bagaimana pelaksanaan program Tarbiyatul Amaliyah di Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu Ngoro Jombang?, (2) Bagaimana pengaruh program Tarbiyatul Amaliyah terhadap pembentukan karakter keguruan siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Genukwatu Ngoro Jombang? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode angket, observasi, dan interview sebagai teknik pengumpulan data. Data yang dikumpulkan yakni gambaran umum dari MAN Genukwatu Ngoro Jombang dan karakter keguruan siswa kelas XI. Kemudian data karakter keguruan dianalisis dengan rumus product moment, uji koefisien determinasi, dan penilaian observasi mandiri sebagai pembanding agar mendapat hasil analisis yang lebih akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari program Tarbiyatul Amaliyah terhadap pembentukan karakter keguruan siswa kelas XI di MAN Genukwatu Ngoro Jombang dengan nilai r taraf signifikan 5% yakni 0,279 dengan N sebesar 52. Dengan demikian hasil penelitian lebih besar dari dalam t tabel yaitu: 0,683 > 0,279. Jika di signifikan dengan taraf 1% yakni 0,361 dan hasilnya lebih besar dari t tabel yakni 0,683 > 0,361. Jadi dengan demikian Hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara program Tarbiyatul Amaliyah dengan karakter keguruan siswa XI di MAN Genukwatu Ngoro Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husin, Moh. Fajarhusin525@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Program tarbiyatul amaliyah; karakter keguruan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Fajar Husin
Date Deposited: 28 Feb 2018 03:14
Last Modified: 28 Feb 2018 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23667

Actions (login required)

View Item View Item