KH. Moertadji dan peranannya dalam memajukan Lembaga Pendidikan Islam NU di Tuban Jawa Timur Tahun 1954-1989

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro', Ni'matuz (2018) KH. Moertadji dan peranannya dalam memajukan Lembaga Pendidikan Islam NU di Tuban Jawa Timur Tahun 1954-1989. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ni'matuz Zahro'_A92214087.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana riwayat hidup KH. Moertadji (2) Bagaimana peran KH. Moertadji dalam memajukan lembaga pendidikan Islam NU di Tuban Jawa Timur Tahun 1954-1989 (3) Bagaimana hubungan sosial kemasyarakatan KH. Moertadji. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan metode sejarah dengan tahapan (1) heuristik (2) kritik sumber (3) interpretasi dan (4) historiografi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua teori. Pertama, teori Kharismatik oleh Max Weber, yaitu suatu kualitas tertentu dalam kepribadian seseorang dimana orang itu dibedakan dari orang biasa yang diperlakukan sebagai seseorang yang memperoleh anugrah berupa kekuasaa. Kedua, teori peran oleh Gross, Mason and Mc. Eachren, yaitu seperangkat harapan-harapan yang dikenakan pada individu yang menempati kedusukan soaial tertentu. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) KH. Moertadji adalah salah satu tokoh agama dan masyarakat yang lahir di Lasem pada tahun 1916 dan meninggal pada tanggal 20 April 1989. (2) Beliau memiliki peran dalam memajukan SMP Mualimin yang awalnya berbentuk madrasah, memiliki peran dalam memajukan SMA Muallimin terbukti dengan banyaknya murid yang berasal dariTuban dan luar kota, juga memiliki peran dalam mendirikan STITMA yang awalnya berbentuk Usrur. (3) Hubungan sosial kemasyarakatan KH. Moertadji dengan tokoh dan masyarakat Nahdlatul Ulama',Muhammadiyah dan tokoh pemerintahan Tuban adalah guyub dan beliau dengan karakter yang kuat, sederhana, bersahaja yang mampu menjadi panutan bagi semua pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro', Ni'matuzzahranimatuz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Keywords: KH. Moertadji; Lembaga Pendidikan Islam NU
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ni'Zahro Ni'matuz
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:43
Last Modified: 19 Mar 2018 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23684

Actions (login required)

View Item View Item