Analisis hukum Islam terhadap ahli waris beda agama : studi Putusan MA No. 16 K/AG/2010

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Mochammad (2018) Analisis hukum Islam terhadap ahli waris beda agama : studi Putusan MA No. 16 K/AG/2010. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Fauzi_C01213051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah : Bagaimana pertimbangan Hukum dalam putusan Mahkamah Agung No. 16 K/AG/2010.?; Bagaimana Kesesuaian Putusan Mahkamah Agung dengan Hukum Islam ? Data penelitian ini diperoleh melalui studi pustaka dan studi dokumen. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pola fikir deduktif yakni menjelaskan secara umum selanjutnya penulis menganalisis tentang dasar-dasar hukum dan aturan-aturan tentang pembagian harta waris dalam kawin beda agama. Majelis hakim Mahkamah Agung menggunakan pendapat seorang ulama’ Yusuf al-Qaradawi sebagai dasar dalam memutus perkara ini, dalam pendapatnya Yusul al-Qaradawi memperbolehkan seorang muslim mendapatkan harta waris dari non muslim, serta majelis hakim menimbang lamanya masa perkawinan antara pewaris dan tergugat selama 18 tahun. Hasil analisis menyebutkan bahwa majelis hakim mahkamah agung menggunakan pendapat Yusuf al-Qaradawi yang memperbolehkannya seorang muslim mendapatkan waris dari non muslim, akan tetapi majlis hakim mahkamah agung sebaliknya, memberi waris kepada non muslim dan itu tidak sesuai dengan syariat Islam. Jadi, sangatlahtidaktepatjikamajelis hakim mahkamah agung menggunakan pendapat tersebut sebagai dasar pertimbangan dalam memutus perkara tersebut. Berdasarkan kesimpulan diatas diharapkan agar pemerintah memberikan aturan yang jelas tentang hukum kewarisan, agar di lain waktu tidak terjadi salah penafsiran dalam menetapkan hukum, dan diharapkan kepada para penegak hukum lebih cermat dan lebih berhati-hati dalam menetapkan hukum, supaya tidak terjadi pelanggaran hukum yang berlaku di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Mochammadmochammadfauzi36@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Waris
Keywords: Hukum Islam; ahli waris; beda agama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Fauzi Mochammad
Date Deposited: 28 Feb 2018 06:31
Last Modified: 28 Feb 2018 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23697

Actions (login required)

View Item View Item