Tinjauan hukum Islam terhadap praktik potongan tabungan UD. Sakinah di pasar Tulangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sismantoro, Galih (2018) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik potongan tabungan UD. Sakinah di pasar Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Galih Sismantoro_C02214007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan atau (field Research) untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana Praktik Potongan Tabungan di UD Sakinah Pasar Tulangan kabupaten Sidoarjo? dan Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik Potongan Tabungan di UD Sakinah Pasar Tulangan Kabupaten Sidaorjo? Data penelitian dihimpun melalui wawancara, observasi, dokumentasi kemuduan dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir induktif, yaitu menjelaskan terlebih dahulu mengenai praktik potongan tabungan wadi’ah di UD Sakinah dan selanjutnya dianalisis menggunakan konsep wadi’ah dalam hukum Islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, Praktik potongan tabungan wadi’ah di UD Sakinah Desa Kepatihan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo merupakan sebuah praktik pemotongan terhadap tabungan yang diambil nasabah sebesar Rp.10.000, 00 dari setiap Rp. 1.000.000, 00-nya. Besarnya potongan tersebut telah ditentukan di awal akad; kedua, Praktik potongan tabungan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan akad wadi’ah karena jumlah potongannya sudah ditetapkan di awal akad sehingga di dalamnya terdapat unsur gharar dan riba. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka hendaknya Bagi pihak UD Sakinah hendaknya menerapkan akad sesuai dengan syari’ah, sehingga tidak terdapat unsur riba dan gharar di dalamnya dan bagi nasabah UD Sakinah hendaknya lebih pandai memilih lembaga keuangan syariah dalam menyimpan uangnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sismantoro, GalihGalihabdullah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Wadi'ah
Keywords: Titipan; potongan tabungan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sismantoro Galih
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:11
Last Modified: 01 Mar 2018 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23707

Actions (login required)

View Item View Item