Analisis hukum Islam dan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang praktek jual beli sparepart laptop di Toko Alfa Computer Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasikh, Muhammad Fiqhan (2018) Analisis hukum Islam dan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang praktek jual beli sparepart laptop di Toko Alfa Computer Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fiqhan Nasikh_C02213049 Watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Analisis Hukum Islam dan Undang-Undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap Praktek Jual Beli Sparepart Laptop di Toko Alfa Computer Sidoarjo” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana praktek jual beli sparepart laptop di toko Alfa Computer Sidoarjo. Dan bagaimana analisis hukum Islam dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap praktek jual beli sparepart laptop di toko Alfa Computer Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan kondisi, situasi, atau fenomena data yang diperoleh tentang Praktek Jual Beli Sparepart Laptop di Toko Alfa Computer Sidoarjo. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir Induktif, yakni dengan menjelaskan terlebih dahulu tentang kenyataan-kenyataan yang terjadi di lapangan setelah itu dihubungkan dengan teori jual beli yang sah dalam ajaran agama Islam dan Undang – Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hasil penelitian menunjukkan praktek jual beli yang dilakukan oleh Pak Rudy (toko Alfa Computer) secara Hukum Islam sudah memenuhi segala rukun dalam jual beli. Namun Pak Rudy (toko Alfa Computer) kurang memenuhi syarat dalam jual beli dimana pembeli tidak diberitahu secara pasti oleh penjual mengenai sifat ataupun kondisi sesungguhnya dari barang yang dijual. Kondisi seperti ini jual beli yang di lakukan oleh Alfa Computer termasuk jual beli tadlis, dimana salah satu pihak tidak mengetahui informasi dan itu dilarang oleh agama Islam. Adapun dari perspektif ketentuan Undang-Undang Perlindungan Konsumen No 8 tahun 1999 Pasal 4 dan Pasal 5, terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh penjual terhadap pembeli yang membeli sparepart laptop di toko Alfa Computer. Saran penulis bagi Pak Rudy selaku pemilik toko Alfa Computer, sebaiknya memberikan informasi secara pasti dan jelas tentang sifat-sifat serta kondisi barang yang diperjualbelikannya kepada pembeli, agar konsumen tidak merasa ditipu atau dirugikan. Dengan demikian, rukun dan syarat jual beli dalam Islam terpenuhi serta transaksi jual beli yang dilakukan menjadi berkah dan di ridhai oleh Allah SWT, sehingga kepercayaan dalam transaksi jual beli juga akan terwujud.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasikh, Muhammad Fiqhanfiqhan22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual Beli; Analisis Hukum Islam; Sparepart Laptop
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nasikh Muhammad Fiqhan
Date Deposited: 28 Feb 2018 08:22
Last Modified: 28 Feb 2018 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23710

Actions (login required)

View Item View Item