Pendidikan Islam dan kesetaraan gender: konsepsi sosial tentang keadilan berpendidikan dalam keluarga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusydiyah, Evi Fatimatur (2016) Pendidikan Islam dan kesetaraan gender: konsepsi sosial tentang keadilan berpendidikan dalam keluarga. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4 (1). pp. 20-43. ISSN 25274511

[img]
Preview
Text
Pendidikan Islam dan Kesetaraan Gender.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Dalam pendidikan gender, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik dan mengarahkan anak. Apabila dalam satu keluarga atau masyarakat terjadi bias gender, maka akan berpengaruh pada pola piker anak di masa yang akan datang. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan tentang pendidikan Islam dan gender, yang selama ini masih dianggap tabu oleh beberapa kalangan. Di sisi lain, kewajiban mendidik anak bagi orang tuaadalah suatu hal yang wajib untuk dilaksanakan karena mereka menganggap bahwa anak adalah tanggung jawab yang diamanahkan oleh Allah untuk diberi pendidikan dan pengajaran. Dalam Islam, pendidikan yang utama adalah lingkungan keluarga. Orang tua berkewajiban memberikan arahan, bimbingan dan teladan bagi anak. Mereka adalah sosok yang akan selalu ditiru dan dijadikan rujukan bagi anak dalam menghadapi lingkungan sosial. Keadilan orang tua terhadap anak dalam memberikan pendidikan, menjadi fondasi dasar penerapan kesetaraan gender. Demikian pula dalam bidang pendidikan, setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama dalam sebuah keluarga dan lingkungan masyarakat. Maka keadilan dalam memberikan pendidikan kepada anak adalah suatu keharusan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusydiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Pendidikan Islam
Keywords: Gender; keadilan berpendidikan;konsepsi sosial
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2018 08:08
Last Modified: 05 Mar 2018 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23774

Actions (login required)

View Item View Item