Analisis pengembangan kurikulum Aqidah Akhlak kelas Akselerasi MTs Negeri Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainnisak, Fitriyah Zumrotul (2012) Analisis pengembangan kurikulum Aqidah Akhlak kelas Akselerasi MTs Negeri Babat Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitriyah Zumrotul Ainnisak_D31208011.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23785

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini merujuk pada rumusan masalah. Pertama; bagaimana perencanaan kurikulum mata pelajaran aqidah kelas akselerasi di MTs Negeri Model Babat lamongan. Kedua, bagaimana pelaksanaan kurikulum mata pelajaran aqidah akblak kelas akseleasi di MTs Negeri Model Babat Lamongan. Ketiga, bagaimana evaluasi mata pelajaran aqidah akhlak kelas akselerasi di MTs Negeri Model Babat Lamongan. Jenis penilitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk. mengetahui perencanaan kurikulum mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas akselerasi, untulc mengetahui pelakasanaan kurikulum mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas akselerasi, Untuk mengetahui evaluasi mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas akselerasi di MTs Negeri Model Babat Lamongan. Analisis data yang digemakan, adalab dengan. mengelolah data yang telah diperoleh dari basil penelitian dengan wawancara, observasi clan dokumentasi memaparkan basil penelitian sesuai data yang diperoleh. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan kurikulum kelas akselerasi yang ada di MTs Negeri Model Babat berdasarkan kemampuan siswa dan mengacu pada kurikulum yang berlaku yang disusun secara diferensiasi, lebih cepat. Kurikulum aqidah akhlak kelas akselerasi MTs Negeri Model Babat disusun mulai: 1) Perencanaan kurikulum aqidah akhlak kelas akselerasi memang berbeda, perencanaan pembelajaran yang direncanakan oleh pihak kurikulum dan guru mata pelajaran lebih cepat dari kelas billingual dan reguler. 2) Pelaksanaan kurikulum mata pelajaran aqidah akhlak kelas akselerasi cenderung lebih cepat sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Organisasi penyusunan materi yang berbeda membuat guru lebih bekerja lebih keras dalam menyampaikan materi. 3) Evaluasi pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak kelas akselerasi pada dasarnya sama dengan yang dilakukan terhadap kelas pada umumnya. Jenis evaluasi yang digunakan nilai harian, ulangan tengah semester clan ujian akhir semester dan juga meliputi pada penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainnisak, Fitriyah Zumrotul--UNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Kurikulum
Pendidikan Islam
Keywords: Kurikulum Aqidah Akhlak; kelas Akselerasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2018 07:06
Last Modified: 06 Mar 2018 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item View Item