Konsep istita'ah dalam perkawinan: perspektif ukum positif dan hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Chairul Imam (2013) Konsep istita'ah dalam perkawinan: perspektif ukum positif dan hukum Islam. Masters thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Chairul Imam Afandi_F05410105.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Terbentuknya sebuah keluarga yang harmonis merupakan dambaan setiap pasangan dan itu semua harus dimulai dari perkawinan/pernikahan yang keduanya sudah memiliki kemampuan dalam mengelola perkawinan mereka. Dalam al-Qur’an terdapat tidak kurang dari 70 ayat yang secara khusus membahas persoalan keluarga. Hal ini menunjukkan betapa perkawinan memiliki fungsi dan eksistensi yang sangat penting dalam kehidupan. Istilah Istit}a>’ah dalam Hukum Islam bermakna kemampuan dalam segala hal, baik kemampuan dalam memberikan nafkah lahir maupun bathin serta kemampuan dalam mengatasi dan meredam gejolak emosi yang menguasai dirinya. Dalam hadith, Islam tidak mengatur batasan Istit}a>’ah (kemampuan menikah) bagi pria maupun wanita dari segi fisik maupun usia. Islam lebih menekankan bahwa istit}a>’ah itu dilihat dari kematangan lahir bathin. Berbeda dengan Hukum Islam, dalam hukum positif masalah perkawinan diatur dalam Undang-undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974. Dalam pasal 7 ayat 1 dinyatakan bahwa batas kemampuan dan kecakapan menikah menurut Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 ditentukan oleh umur, yakni calon suami istri dianggap mampu jika keduanya telah sampai pada batas umur cakap menikah yaitu pada umur 19 tahun bagi mempelai pria dan umur 16 tahun bagi mempelai wanita dan dalam hal ini menurut kami Undang-undang Perkawinan masih lebih baik jika dibandingkan dengan ketentuan dalam Hukum Islam (fiqih).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Chairul Imamimamlizza@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Nikah > Nikah, Rukun
Keywords: Istita’ah; UUP No. 1 tahun 1974; menikah
Divisions: Program Magister > Hukum Islam
Depositing User: Afandi Chairul Imam
Date Deposited: 07 Mar 2018 01:44
Last Modified: 07 Mar 2018 01:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23790

Actions (login required)

View Item View Item