Sejarah perkembangan Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) di Surabaya tahun 2006-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yazid, M. Rifqi Khoirul (2018) Sejarah perkembangan Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) di Surabaya tahun 2006-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Rifqi Khoirul Yazid_A02214009.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peneliti memberikan batasan permasalahan pada tiga hal, yaitu: (1). Bagaimana sejarah berdirinya IKADI Surabaya? (2). Bagaimana perkembangan IKADI Surabaya tahun 2006-2017 M? (3). Apa faktor pendukung dan penghambat IKADI Surabaya?. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis perspektif diakronis (mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau secara kronologis yang berdimensi waktu). Sedangkan teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori dari ilmu sosiologi, yaitu Social Institution (lembaga kemasyarakatan) dan Continuity and Change (kesinambungan dan perubahan). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) IKADI Surabaya berdiri pada tahun 2006 M dan dipelopori oleh sekelompok orang yang pernah menempuh pendidikan di Timur Tengah yang bergerak pada bidang dakwah yang bertujuan untuk menaungi para da’i supaya bisa menjadi penda’i yang profesional dan bisa berdakwah untuk masyarakat Surabaya. 2). IKADI Surabaya mengalami perkembang, baik dari jumlah anggota, kegiatan maupun sarana dan prasarana. 3). Faktor pendukung dan penghambat IKADI Surabaya terbagi dalam dua faktor, yakni faktor internal yang berasal dari dalam IKADI Surabaya dan faktor eksternal yang berasal dari luar IKADI Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yazid, M. Rifqi Khoirulmuhammadrifqikhoirulyazid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Islam
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Ikatan Da'i Indonesia (IKADI)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Yazid M. Rifqi Khoirul
Date Deposited: 07 Mar 2018 09:12
Last Modified: 07 Mar 2018 09:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23795

Actions (login required)

View Item View Item