Telaah terhadap putusan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya No. 190/Pdt.G/2007/PTA.Sby. atas pembatalan putusan Pengadilan Agama Bangil No. 347/Pdt.G/2007/PA.Bgl. tentang sengketa harta bersama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Achmad (2009) Telaah terhadap putusan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya No. 190/Pdt.G/2007/PTA.Sby. atas pembatalan putusan Pengadilan Agama Bangil No. 347/Pdt.G/2007/PA.Bgl. tentang sengketa harta bersama. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Ramadhan_C01304093.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian pustaka (dokumenter) yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apa dasar hukum hakim Pengadilan Tinggi Agama Surabaya membatalkan putusan Pengadilan Agama Bangil terhadap sengketa harta bersama dan bagaimana kekuatan dasar hukum putusan sengketa harta bersama.Data penelitian ini diperoleh dari mempelajari berkas- berkas perkara dan wawancara dengan para hakim dan panitera yang terlibat maupun dari bahan kepustakaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pengadilan Agama bangil mengabulkan gugatan permohonan pemoho terhadap sengketa harta bersama yang berupa satu unit sepeda motor, sebidang tanah pekarangan dan seekor sapi. Berdasarkan pasal 97 KHI yaitu apabila terjadi cerai hidup masing- masing berhak mendapatkan seperdua bagian. Akan tetapi termohon kebertaan atas keputusan tersebut sehingga mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dan Majelis hakim PTA Surabaya memutuskan bahwa gugatan terhadap satu unit sepeda motor dan satu ekor sapi tidak dapat diterima dan harta bersama yang harus dibagi adalah sebidang tanah pekarangan karena mereka telah mengakui bahwa sebidang tanah pekarangan tersebut diperoleh selama perkawinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Harta Perkawinan
Keywords: putusan Pengadilan Tinggi Agama; Pembatalan putusan; Sengketa harta bersama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2018 03:04
Last Modified: 13 Mar 2018 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23818

Actions (login required)

View Item View Item