Pengaruh industrialisasi terhadap religiusitas dan spiritualitas masyarakat Desa Sedati Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kharisma, Ahmad Cahyo (2018) Pengaruh industrialisasi terhadap religiusitas dan spiritualitas masyarakat Desa Sedati Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Cahyo Kharisma_F020115032.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Industrialisasi merupakan sesuatu yang harus dihadapi oleh masyarakat zaman modern. Karena proses industrialisasi merupakan suatu implementasi dari ilmu pengetahuan yang semakin maju dan pencanangan negara berkembang, seperti Indonesia. Realita yang demikian, menjadikan perubahan-perubahan pada masyarakat sekitar. Perubahan yang nyata terjadi pada sumber mata pencaharian, keadaan sosial, akulturasi budaya hingga kondisi keagamaan dan kejiwaan masyarakat tersebut.Dilandasi pada pemaparan diatas, penulis tergerak untuk melakukan penelitian dan menulis dalam bentuk tesis, dengan Judul Pengaruh Industrialisasi Terhadap Religiusitas dan Spiritualitas Masyarakat Desa Sedati Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif, dan berpedoman pada teori keagamaan R. Stark dan C.Y. Glock, untuk menjawab persoalan mengenai Industrialisasi dan Keberagamaan yang terjadi di Desa Sedati, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto setelah adanya Ngoro Industri Park.Penelitian ini secara eksplisit meneliti pengukuran variabel dependen (keberagamaan) yang dipengaruhi oleh variabel independen (industrialisasi). Sistem yang dipakai adalah sistem survey pada sampel yang dipilih, dengan ditunjang melalui pemaparan atau sistem wawancara, sehingga dapat dihitung, dianalisis dan disimpulkan dari data yang diperoleh.Setelah melalui proses pengolahan data, dapat diketahui hasil penelitian sebagai berikut: 1. Proses industrialisasi di kawasan Ngoro Industri Park berjalan baik, dengan tidak mengkesampingkan warga sekitar. Disamping itu, terdapat banyak perusahaan yang peduli, mentolelir, dan memfasilitasi keagamaan pekerja. 2. Kondisi keberagamaan masyarakat Desa Sedati tergolong sangat kuat (santri) sebelum adanya industrialisasi. Tapi, ditemukan beberapa perubahan pasca industrialisasi. 3. Pada tingkat keimanan, masyarakat desa Sedati masih tergolong sangat tinggi, namun bertolak belakang pada dimensi lainnya, seperti pengetahuan dan praktek agama. 4. Industrialisasi memberi dampak positif dan negatif terhadap masyarakat Desa Sedati, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kharisma, Ahmad Cahyoahmadcahyo012@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Industrialisasi; religiusitas; spiritualitas; masyarakat
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Kharisma Ahmad Cahyo
Date Deposited: 15 Mar 2018 03:25
Last Modified: 15 Mar 2018 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23842

Actions (login required)

View Item View Item