Efektivitas penggunaan media pembelajaran Flash pada mata pelajaran Fiqih terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas X MA Roudlotul Ulum Banyutengah Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hilaliyah, Nur Laily (2012) Efektivitas penggunaan media pembelajaran Flash pada mata pelajaran Fiqih terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas X MA Roudlotul Ulum Banyutengah Panceng Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Laily Hilaliyah_D31208061.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23883

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji efektivitas penggunaan media pembeJajaran flash terhadap motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Fiqih kelas X MA Roudlotul Ulum ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanan penggunaan media flash di MA Roudlotul Ulum, bagaimana motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Fiqih kelas X MA Roudlotul Ulum, dan bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran flash pada mata pelajaran Fiqih terhadap motivasi belajar siswa MA Roudlotul Ulum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penggunaan media pembelajaran Flash pada mata pelajaran Fiqih di kelas X MA Roudlotul Ulum Banyutengah Penceng Gresik? Bagaimana motivasi belajar siswa kelas X MA Roudlotul Ulum Banyutengah Penceng Gresik pada pembelajarn Fiqih? Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran Flash pada mata pelajaran Fiqih dalam peningkatan motivasi belajar siswa kelas X MA Roudlotul Ulum Banyutengah Penceng Gresik? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, tes, angket, dan eksperimen (uji coba) Agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian data dianalisa menggunakan rumus statistik yaitu rumus prosentase, mean dan rumus t-test I uji "t". Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran flash di MA Roudlotul Ulum dalam prosesnya menunjukkan dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan nilai 61.05%. sedangkan motivasi belajar siswa MA Roudlotul Ulum kelas ekperimen hasil perhitungan prosentase yang diperoleh yaitu 55.82% dengan kriteria cukup baik. Sedangkan kelas kontrol hasil perhitungan prosentase yang diperoleh yaitu 41.32% dengan kriteria kurang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hilaliyah, Nur Laily--UNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Media
Keywords: Media pembelajaran; Flash; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2018 07:43
Last Modified: 19 Mar 2018 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23883

Actions (login required)

View Item View Item