Tinjauan fatwa MUI nomor : 1/MUNAS VII/MUI/15/2005 terhadap layanan foto copy buku berhak cipta di lingkungan IAIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Komariyah, Heni (2009) Tinjauan fatwa MUI nomor : 1/MUNAS VII/MUI/15/2005 terhadap layanan foto copy buku berhak cipta di lingkungan IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heni Komariyah_C02205150.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian untuk menjawab pertanyaan : 1. Bagaimana foto copy buku berhak cipta di lingkungan IAIN Sunan Ampel Surabaya ? 2. Bagaimana pandangan Fatwa MUI terhadap foto copy buku berhak cipta di lingkungan IAIN Sunan Ampel Surabaya ?Data penelitian dihimpun melalui interview dan observasi yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Metode deskriptif analisis digunakan untuk menarik kesimpulan dasar hukum serta dasar pengambilan istimbath hukum Fatwa MUI Nomor : 1/MUNAS VII/MUI/15/2005 dengan menggunakan pola pikir deduktif. Sebagai landasan dalam menilai foto copy buku berhak cipta di sekitar IAIN Sunan Ampel Surabaya dalam perspektif Hukum Islam. Hasil penelitian menyimpulkan bahwasanya kegiatan foto copy buku berhak cipta menurut Fatwa MUI Nomor : 1/MUNAS VII/MUI/15/2005 hukumnya adalah haram. Sebagaimana prakteknya, layanan foto copy buku yang ada di lingkungan IAIN. Karena pada dasarnya buku berhak cipta itu dilindungi dan tidak boleh untuk di foto copy, terlebih lagi tanpa izin dari penerbit maupun pengarang. Akan tetapi dalam prakteknya foto copy di lingkungan IAIN memperbolehkan dengan pertimbangan adanya kemaslahatan untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Dengan alasan buku tersebut betul-betul sangat langka, sulit didapatkan dipasaran, banyak mahasiswa yang tidak memiliki buku akibat harga buku yang kian hari kian mahal, demi menuntaskan studi di bidang pendidikan dan bukan untuk tujuan komersil. Hasil penelitian ini menyarankan kepada mahasiswa lebih memilah-milah buku yang akan di copy dan dalam kewajaran. Bagi jasa foto copy sendiri tidak mempergunakan kesempatan tersebut untuk tujuan komersial, karena dalam pandangan agama di situ terdapat hak orang lain yang dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Komariyah, HeniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Ulama
Buku
Keywords: Fatwa MUI; layanan foto copy; buku
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2018 02:40
Last Modified: 21 Mar 2018 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23890

Actions (login required)

View Item View Item