Kepemimpinan pondok pesantren: individual atau kolektif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholis, Nur (2001) Kepemimpinan pondok pesantren: individual atau kolektif. In: Penataran Tenaga Manajemen di Lingkungan Pondok Pesantren se Jawa Timur, 24 Agustus 2001, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Kepemimpinan Pondok Pesantren.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam suatu kelompok atau organisasi dapat dipastikan ada pemimpinnya. Adanya pemimpin dalam suatu kelompok bisa karena ‘dipaksa’ harus ada ataupun karena ‘memang harus’ ada (natural). Dari perspektif ini maka banyak orang mencari bentuk-bentuk kepemimpinan dalam setiap kelompok manusia dan menentukan pemimpin mana yang akan membawa kelompoknya mencapai hasil gemilang di masa depan. Pemimpin manusia, dalam hal ini pesantren yang terpilih tentu juga manusia, yang membawa sekian potensi untuk dikembangkan. Dalam konteks ini maka orang berbicara teologi kepemimpinan, yaitu suatu gerakan dasar (keyakinan tersembunyi) yang menggerakkan pemimpin berbuat sesuatu. Dalam proses penggerakan ini pandangan pribadi pemimpin ikut berbicara. Agama yang dianut, ajaran yang ditaati, situs sosial yang memaksa, dan pengalaman diri, masing-masing bisa terbentuk menjadi basis teologis itu. Maka sangat sulit melihat potensi teologi tunggal apa yang menyebabkan pemimpin membawa kelompoknya ke depan. Artikel ini membahas aspekaspek kepemimpinan pesantren dan mencoba menawarkan gagasan bagi kemajuan pesantren melalui kepemimpinannya. Sebelum sampai pada inti makalah ini perlu dibahas secara detail aspek-aspek kemepimpinan pada umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Keynote)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pesantren
Kepemimpinan
Keywords: Pesantren; kepemimpinan; individual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr. Nur Kholis
Date Deposited: 26 Mar 2018 05:14
Last Modified: 26 Mar 2018 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23932

Actions (login required)

View Item View Item