Analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli pakaian ketat untuk wanita di toko Putri Collection pasar Gading Fajar II Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lukita, Bondan Perwira (2018) Analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli pakaian ketat untuk wanita di toko Putri Collection pasar Gading Fajar II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bondan Perwira Lukita_C72213105.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan atau (Field Research) untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana praktik jual beli pakaian ketat untuk wanita di Toko Putri Collection Pasar Gading Fajar II Sidoarjo dan bagaimana Analisis Hukum Islam terhadap praktik jual beli pakaian ketat untuk wanita di Toko Putri Collection Pasar Gading Fajar II Sidoarjo. Penelitian ini berorientasi pada penelitian lapangan, serta menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara mengumpulkan data yang berkaitan dengan kasus yang dianalisis, serta sumber data diperoleh dari data primer yang meliputi data keterangan pemilik toko, penjual, pembeli, dan data sekunder yang bersifat membantu, menunjang serta memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah jual beli pakaian ketat pada toko Putri Collection di dalam pandangan Islam adalah dari praktiknya jual beli di Toko Putri Collection sudah sesuai dengan ketentuan jualbeli yaitu dilihat dari rukun dan syarat jual beli, maka terdapat penjual dan pembeli yang telah sesuai dengan ketentuan syari'at, barang yang dijualbelikan sudahjelas dan ada di tempat. Kemudian pada objek barang yang dijualbelikan adalah produk yang diperbolehkan, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa praktik jual beli pakaian ketat pada toko Putri Collection dilihat dari rukun dan syaratnya maka telah terpenuhi.Dari segi pandangan analisis hukum Islam terhadap praktik jual beli di toko Putri Collection, maka kesimpulannyaadalah jual beli tersebut adalah sesuatu yang mubah dan sah jual belinya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pemilik toko Putri Collection atau penjualnya alangkah baiknya sebelum para konsumen atau pembeli membeli produk di toko Putri Collection, memberikan penjelasan yaitu tips dan saran untuk tidak sampai memakai pakaian tersebut di tempat umum yang bisa menimbulkan fitnah bagi para lelaki yang karena pakaian tersebut bisa menggoda lelaki dan membahayakan diri pemakai yang ditakutkan hal yang tidak diinginkan bisa terjadi karena pakaian tersebut.Hendaknya pembeli pakaian ketat untuk menggunakan pakaian tersebut pada tempatnya yaitu tidak menggunakannya dimuka umum, yang dikhawatirkan sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi bagi pengguna pakaian tersebut yang karena memakainya dimuka umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lukita, Bondan Perwiraperwirabondan@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam, Pakaian dan Perhiasan
Jual Beli
Keywords: Jual beli; pakaian ketat; wanita
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Lukita Bondan Perwira
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:12
Last Modified: 27 Mar 2018 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23945

Actions (login required)

View Item View Item