Peningkatan prestasi belajar siswa pada materi kenampakan alam mata pelajaran IPS Kelas IV Ml Al- Aziez Kecamatan Pabean Cantian Surabaya melalui media visual

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Muhammad Fauzi (2012) Peningkatan prestasi belajar siswa pada materi kenampakan alam mata pelajaran IPS Kelas IV Ml Al- Aziez Kecamatan Pabean Cantian Surabaya melalui media visual. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fauzi Yusuf_D06207024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk mengukur adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS bah kenampakan alam di kelas IV MI Al - Aziez Surabaya Pada pra-siklus I, prestasi belajar siswa masih perlu diberikan perbaikan. Hal ini terbukti dari jumlah siswa yang secara keseluruhan yaitu 30 anak, sebanyak 22 siswa mengalami ketidaktuntasan belajar pada pre-tes dan hanya 8 siswa yang mendapatkan ketuntasan belajar atau sekitar 26,6%. Kemudian pada pos tes di siklus I, terjadi peningkatan dengan sebanyak 15 siswa mendapatkan ketidaktuntasan belajar dan 15 siswa mendapatkan ketuntasan belajar atau sekitar 50 %. Lalu pada pos tes di siklus 2, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dengan 4 siswa memperoleh ketidaktuntasan belajar dan 26 siswa telah memperoleh ketuntasan dalam belajar atau sekitar 86,6 % dan sudah bisa dikatakan tuntas belajar karena sudah mencapai 85 % sesuai dengan ketetapan. Dengan kita memperhatikan perbedaan antara hasil sebelum perlakuan siklus I, siklus 1, dan siklus 2 maka kita dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini bisa kita amati pada perbedaan basil antara sebelum siklus 1, siklus 1, dan siklus 2 terjadi perubahan yang berupa peningkatan prestasi belajar ke arah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Muhammad FauziUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi Belajar; Media Visual; Foto dan Gambar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2018 09:04
Last Modified: 26 Mar 2018 09:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23949

Actions (login required)

View Item View Item