Peningkatan kemampuan berhitung operasi pembagian menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) kelas III MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Virdayani, Rini (2012) Peningkatan kemampuan berhitung operasi pembagian menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) kelas III MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rini Virdayani_D07208028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan berhitung operasi pembagian bilangan tiga angka siswa kelas III MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo (2) Bagaimana penerapan pendekatan PMRI dalam pengajaran operasi pembagian bilangan tiga angka MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo (3) Bagaimana peningkatan kemampuan berhitung operasi pembagian bilangan tiga angka dengan pendekatan PMRI kelas III MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kemampuan berhitung operasi pembagian bilangan tiga angka siswa kelas III MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo (2) Untuk mengetahui penerapan pendekatan PMRI dalam pengajaran operasi pembagian bilangan tiga angka MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo (3)Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung operasi pembagian bilangan tiga angka dengan pendekatan PMRI kelas III MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada siklus kedua digunakan media asli yaitu permen sebagai media berhitung siswa. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan observasi/pengamatan aktivitas pembelajaran di kelas, tes dan dokumentasi. PTK ini merupakan penelitian kualitatif meskipun demiki data yang diperoleh tidak hanya berupa data narasi tetapi juga diperoleh data angka yaitu dalam bentuk nilai rata-rata siswa. Dari data yang dikumpulkan, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif kuantitatif. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa melalui pendekatan PMRI dapat meningkatkan kemampuan berhitung operasi pembagian siswa kelas III MI Nurul Huda. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa nilai rata-rata tes kemampuan berhitung mengalami peningkatan dari siklus I clan siklus Il yaitu 66,04 dan 83,54. Serta ketuntasan belajar meningkat dari siklus I dan siklus II yaitu 54,16% dan 91,6%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Virdayani, RiniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Berhitung; Operasi Pembagian; Pendekatan PMRI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2018 07:43
Last Modified: 27 Mar 2018 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23961

Actions (login required)

View Item View Item