Upaya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode role playing untuk pemahaman tokoh dongeng pada siswa kelas III SDN 2 Bambe Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masrukha, Siti (2012) Upaya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode role playing untuk pemahaman tokoh dongeng pada siswa kelas III SDN 2 Bambe Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Masrukha_D07208036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar Bahasa Indonesia dalam memahami tokoh dongeng di kelas III SON II Bambe Gresik. (2) Mengetahui penerapan •metode role playing dalam memahami tokoh dongeng untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia di Kelas III SDN 2 Bambe Gresik. (3) Mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia dalam memahami tokoh dongeng setelah menggunakan metode role playing di Kelas III SDN 2 Bambe Gresik. Subyek penelitian ini adalah: Guru kelas III B dan Siswa Kelas III B. Data dikumpulkan melalui Tes, Observasi dan Teknik analisis data menggunakan observasi aktifitas guru, observasi aktifitas siswa dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari basil pengamatan permasalahan yang ada di sekolah SDN 2 Bambe Gresik yaitu bahwa melalui metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan basil belajar siswa kelas III SDN 2Bambe Gresik. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas cukup baik dengan angka 65,7 dan prosentase kelulusannya mencapai 73,3%, besarnya prosentase ini sudah dikatakan baik tetapi perlu diadakan review ulang, agar memperoleh data yang maksimal. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,3 atau dapat dikategorikan sangat baik, begitu juga dengan prosentase prestasi belajar mencapai 86,67% dan angka tersebut termasuk kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masrukha, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Prestasi belajar; Bahasa Indonesia; metode role playing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2018 08:09
Last Modified: 27 Mar 2018 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23965

Actions (login required)

View Item View Item