Hubungan leader-member exchange (LMX) dengan kepuasan kerja di RSUD Dr. Soegiri Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Fitria (2011) Hubungan leader-member exchange (LMX) dengan kepuasan kerja di RSUD Dr. Soegiri Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitria Ulfah_B07207096.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan leader­ member exchange (LMX) dengan kepuasan kerja. Leader-member exchange adalah hubungan antara pemimpin dengan bawahannya yang bersifat heterogen, dinamis dan unik. Terdapat dua kelompok yaitu in-group dan out-group. Kelompok in-group akan mendapatkan perhatian yang berlebihan daripada out­ group akibatnya akan memperoleh kepuasan kerja yang lebih tinggi daripada out­ group. Kepuasan kerja merupakan sikap positif seseorang terhadap pekerjaannya yang dipengaruhi oleh lingkungan kerja, rekan sekerja, atasan, gaji dan promosi. Penelitian dilakukan di RSUD Dr. Soegiri Lamongan dengan populasi 12 kepala ruangan dan 197 perawat rawat inap. Sampel yang diambil sebanyak 135 dengan perincian 12 kepala ruangan dan 123 perawat rawat inap. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner sebanyak 72 item dengan rincian skala LMX multidimensional sebanyak 24 item dan skala kepuasan kerja sebanyak 38 item. Analisis data menggunakan teknik Kendall's Tau dan reliabilitas alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Cronbach Alpha dengan bantuan program SPSS versi 11,5 for windows. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh koefisien reliabilitas pada variabel LMX sebesar 0,9164 sedangkan untuk variabel kepuasan kerja diperoleh koefisien reliabilitasnya sebesar 0,7125. Sedangkan dalam validitas penelitian ini menggunakan perbandingan r tabel Product Moment dengan r hitung. Semua item yang diujikan valid. Berdasarkan hasil uji Kendall's Tau, diperoleh signifikansi (0,000 < 0,05) maka hipotesis yang dimunculkan diterima. Nilai koefisien korelasi antara LMX dengan kepuasan kerja sebesar 0,980. Artinya terdapat hubungan yang kuat dan searah antara LMX dengan kepuasan kerja. Artinya semakin tinggi tingkat LMX semakin tinggi pula kepuasan kerjanya dan semakin rendah tingkat LMX semakin rendah pula kepuasan kerjanya. Sedangkan sumbangan efektif yang diberikan LMX terhadap kepuasan kerja sebesar 96,04%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, FitriaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Kerja
Keywords: LMX; Kepuasan kerja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2018 03:35
Last Modified: 28 Mar 2018 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23968

Actions (login required)

View Item View Item