Penerapan model pembelajaran inovatif progresif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MIS Bahauddin mengenai cara mengoperasikan software pengolah kata (word processing)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muti'ah, Dewi (2012) Penerapan model pembelajaran inovatif progresif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MIS Bahauddin mengenai cara mengoperasikan software pengolah kata (word processing). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dewi Muti'ah_D07208024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam menerapkan model pembelajaran inovatif progresif pada siswa kelas III di MIS Bahauddin merupakan cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)/ Komputer. Mayoritas siswa-siswa kelas IIIA mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, akibatnya pada saat mengerjakan soal latihan, banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Kebanyakan siswa-siswa memahami materi hanya pada saat melakukan praktek di laboratorium. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan sebuah tindakan dengan menerapkan model pembelajaran inovatif progresif. Dimana dalam menerapkan model pembelajaran tersebut, siswa diajak untuk mencari dan menemukan materi pembelajaran secara mandiri, sehingga materi akan mudah dipahami siswa dan siswa juga mampu mengingat materi yang telah diajarkan. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Dalam siklus pertama, basil belajar mengalami banyak kemajuan, ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 90%, sedangkan dalam siklus II semua siswa kelas III mendapatkan nilai diatas KKM yang telah ditentukan, sehingga mendapatkan ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, terbukti bahwa penerapan model pembelajaran inovatif progresif dapa meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada materi software pengolah kata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muti'ah, Dewi--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: model pembelajaran inovatif progresif; Hasil belajar; Software pengolah kata (word processing)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2018 04:59
Last Modified: 02 Apr 2018 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23985

Actions (login required)

View Item View Item