Pengembangan kurikulum dalam mewujudkan insan kamil: studi kasus di SMA Tahfidz pondok pesantren al-Amien Prenduan Sumenep Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Irwan Maulana (2017) Pengembangan kurikulum dalam mewujudkan insan kamil: studi kasus di SMA Tahfidz pondok pesantren al-Amien Prenduan Sumenep Madura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Irwan Maulana Hidayat_F03213049.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian tesis ini membahas tentang 1) Bagaimana kontruksi pengembangan kurikulum dalam mewujudkan insan kamil?2) Bagaimana implikasi pengembangan kurikulum dalam mewujudkan insan kamil? 3) bagaimana wujud insan kamil di SMA tahfidz? Metode yang digunakan dalam penelitian tesis ini adalah menggunakan penelitian lapangan yang ditinjau melalui metode kualitatif. Metode yang digunakan peneliti dalam mencari dan mengumpulkan data adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tanya jawab. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, kemudian penarikan kesimpulan. Uji kredibelitas data dalam penelitian ini menggunakan 4 teknik, yaitu; 1) trianggulasi data, 2) observasi yang diperdalam, 3) perpanjangan kehadiran peneliti, 4) diskusi antar teman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) kontruksi pengembangan kurikulum adalah program kurikulum kemendikbud, program pendidikan khusus, program matrikulasi, pendidikan ketahfidzan, pendidikan kepesantrenan. 2) implikasi pengembangan kurikulum adalah adannya kepadatan materi yang diajarkan, adanya integrasi kurikulum dari kurikulum pondok pesantren dengan kurikulum kemendikbud, adanya materi yang dihapus dan diganti dengan materi yang lain, peningkatan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik, kurang memerhatikan kondisi siswa. 3) wujud insan kamil di SMA tahfidz ialah menjadikan kader-kader ulama’ dan cendekiawan yang berjiwa imtaq, menjadikan santri yang hafidzul qur’an, menjadikan manusia yang beraklak mulia, menjadikan santri yang memiliki iman sempurna, berilmu luas dan beramal sejati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Irwan Maulanaujeirwan99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Pengembangan kurikulum; insan kamil; pondok pesantren
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayat Irwan Maulana
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:18
Last Modified: 02 Apr 2018 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23994

Actions (login required)

View Item View Item