Pemanggil kafir terhadap sesama muslim dalam Sunan Turmudhi no indek 2637

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Wahyu (2010) Pemanggil kafir terhadap sesama muslim dalam Sunan Turmudhi no indek 2637. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wahyu Hidayat_E03206007.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah basil pcnclitian kepustakaan (library research) yang divokuskan pada penelusuran dan penelaahan terhadap literature serta bahao kepu stakaan lainnya. Tentang penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan, bagaiman kualitas hadis tentang pcmanggil kafir terhadap sesama muslim dalam sunan t urrnudhi? Bagaimana kehujjahannya , dan juga bagaimana pemaknaan kafir dalam hadis sunan turmudhi no indeks 2637 tcrsebut? Adapun untuk membahas perma salahan diatas, diperlukan data prim er yang diperoleh dari buku-buku yang secara khusu s membahas tentang inti atau pokok masalah, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku yang digunakan sebagai pendukung permasalahan pokok yang dibahas, dan untuk menganalisis data-data tersebut menggunakan metode kritik hadis, yaitu kritik sanad dan kritik matan. Hasil penelitian ini menunjukkan hadis tentang kafirnya seseorang muslim yang memanggil saudaranya dengan sebutan kafir .dalam sunan Turmudhi bernilai $ai].1l]., karena semua perawi thiqah ((jaoit dan 'Adil) serta sanadnya mutlasil dan terhindar dari udhudh dan 11/at. sedangkan dari segi matannya juga dapat dikatakan $ai].1l]. karena tidak bertentangan dengan Al Quran, hadis yang lebih kuat dan akal sebat, sebingga badisnya dapat dijadikan hujjah dan dapat diamalkan. Mengenai pemaknaan badis diatas, diketahui bahwa memanggil saudara semuslim dengan sebutan kafu adalab maka kekafiranya akan kembali kepada yang mengatakan, namun jika benar orang yang dipanggil itu kafir maka tidak ada bukuman baginya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, WahyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Tafsir
Indeks
Keywords: Kafir; muslim; Sunan Turmudhi no indek 2637
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2018 08:42
Last Modified: 02 Apr 2018 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24008

Actions (login required)

View Item View Item