Studi komparasi tentang penganiayaan terhadap ibu hamil yang mengakibatkan kematian janin menurut pasal 351 (2) KUHP junto pasal 90 KUHP dan hukum pidana Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budianto, Slamet (2011) Studi komparasi tentang penganiayaan terhadap ibu hamil yang mengakibatkan kematian janin menurut pasal 351 (2) KUHP junto pasal 90 KUHP dan hukum pidana Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Slamet Budianto_C03206022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kepustakaan data penelitian ini dihimpun melalui pembacaan dan kajian teks dan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-komparatif, Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa penganiayaan terhadap ibu hamil berakibat matinya janin menurut hukum pidana positif termasuk dalam penganiayaan yang mengakibatkan Iuka berat dan dapat diancam dengan pasal 351 (2) KUHP, sedangkan menurut hukum pidana Islam termasuk pembunuhan menyerupai sengaja dengan sanksi untuk janin berupa gurrah apabila janin gugur dalam keadaan meninggal clan diyat kamilah apabila janin gugur dalam keadaan hidup tetapi kemudian meninggal. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka diharapkan kepada pemegang otoritas penegakan hukum dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dalam menangani masalah pembunuhan terhadap janin, karena tindak piclana terhadap janin bukanlah suatu tindak pidana ringan melainkan menyangkut hak hidup calon manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budianto, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: penganiayaan terhadap ibu hamil; Hukum pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:19
Last Modified: 03 Apr 2018 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24009

Actions (login required)

View Item View Item