Penafsiran Ibnu Katsir dan al Thabari tentang Auliyaullah dalam al Qur'an: perbandingan penafsiran antara lbnu katsir dan al Thabari tentang ayat 62 surat Yunus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhasim, Nurhasim (2010) Penafsiran Ibnu Katsir dan al Thabari tentang Auliyaullah dalam al Qur'an: perbandingan penafsiran antara lbnu katsir dan al Thabari tentang ayat 62 surat Yunus. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurhasim_E63207044.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24017

Abstract

Skripsi merupakan hasil penelitian kepustakaan (library research) tenta ng auliya ullah ya ng difokuskan pada penelitian tentang makna auliyaullah dengan cara membandingkan penafsiran Ibnu Katsir dan al­ Thabari. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan bagaimana penafsiran Ibnu Katsir tentang makna auliyaullah? Bagaimana pcnafsiran al-Thabari tentang auliyaullah? Bagaimanakah perbedaan penafsiran Ibnu Katsir dan al-Thabari? Untuk membahas permasalahan di atas, dliperlukan data-data tentang auliyaulla h. Dalam penelitian ini hanya dibatasi pada kitab Ibnu Katsir dan al-Thabari sebagai data primernya, dan kitab-kitab tafsir serta buku-buku atau sumber-sumber tertulis lain yang mempunyai relevansi dengan pcrmasalahan penelitian ini sebagai sumber data skundernya. Sedang untuk menga nalisis data-data tersebut penulis menggunakan metode deskriptif analitis dan metode muqaran atau perbandingan penafsiran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa auliyaullah menurut Ibnu Katsir adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa, sedang menurut al­Thabari adalah orang-orang yang menolong Allah SWT. Akan tetapi dari berbagai penafsiran yang dikemukakan dapat disimpulkan bahwa auliyaullah adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa dengan yang sebenar-benarnya. Dan orang-orang yang demikian itu akan mendapatkan ketenangan di dunia dan di akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhasim, Nurhasim--UNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah
Keywords: Auliyaullah; wali Allah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2018 05:16
Last Modified: 03 Apr 2018 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24017

Actions (login required)

View Item View Item