Studi analisis hadis tentang isbal ketika shalat: hadits koleksi Abu Dawud nomor indeks 638

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Arif Prasetyo (2008) Studi analisis hadis tentang isbal ketika shalat: hadits koleksi Abu Dawud nomor indeks 638. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Arif Prasetyo Hadi_E33304001.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Isbal sebagaimana banyak dipahami adalah menjulurkan kain pakaian (sarong, jubah maupun celana), melebihi mata kaki. Isbal adalah praktek yang dilarang oleh Rasulullah. Maka untuk menghindari agar tidak tetjerumus untuk melakukan aktivitas yang dilarang Rasul, sebagian umat Islam memakai pakaian cingkrang (melabuhkan kain tidak melebihi mata kaki). Lebih dari itu, berdasarkan sebuah hadis, dilarang pula berpakaian Isbal ketika shala "karena Allah tidak menerima shalat orang yang Isbaf', demikian bunyi redaksinya. Maka muncul pertanyaan apa sebenarnya Isbal itu ? mengapa dilarang? untuk menjawab kedua pertanyaan di atas, dilakukan penelusuran terhadap dua kata kunci, yakni Isbal dan huyala. Selain itu, dengan memanfaatkan asbab al-wurud, mengupayakan membingkai kapan hadis Isbal disabdakan, dan mengapa ia dilarang. Menelusuri data historis hadis tentang Isbal mutlak dilakukan, guna mengetahui makna apa yang terdapat dibalik larangan itu. Lebih-lebih hila dikaitkan dengan ibadah shalat. Dalam kaitannya dengan shalat, dilakukan pemahaman terhadap makna "Allah tidak menerima shalat orang yang Isbal kain sarungnya", agar diketahui apakah perilaku Isbal ketika mengetjakan shalat menjadikannya batal, ataukah hanya sebatas gugur pahalanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, Arif PrasetyoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Salat
Hadis
Indeks
Keywords: Hadis; isbal ketika shalat; hadis Abu Dawud indeks 638
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2018 08:18
Last Modified: 03 Apr 2018 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24021

Actions (login required)

View Item View Item