Peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa memilih jurusan di MAN Kandangan Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Dian (2010) Peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa memilih jurusan di MAN Kandangan Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dian Novitasari_D03205018.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24041

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Proses pemilihan jurusan di MAN Kandangan. Dan peran guru BP di MAN Kandangan. Untuk menjawab pertanyaan di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif, menganalisis peran guru bimbingan dan konseling di mana proses pemilihan jurusan di MAN Kandangan Kabupaten Kediri. Adapun teknik pengumpulan data yang menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil oleh peneliti mengenai proses pemilihan jurusan di MAN Kandangan sudah berjalan cukup baik dengan dilaksanakannya empat tahapan yaitu memberikan bimbingan serta arahan kepada siswa, melihat nilai akademik, memberi angket dan mengisi surat pemyataan. Adapun peran guru bimbingan dan konseling di MAN Kandangan Kabupaten Kediri yaitu guru bimbingan konseling berperan membantu siswa dengan memberi layanan informasi, dan layanan, penempatan, penyaluran, serta memberikan bimbingan karir organisasi lebih konsentrasi terhadap proses belajar yang sesuai dengan kemampuan dan keinginannya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil yang telah diperoleh adalah proses pemilihan jurusan di MAN Kandangan sudah berjalan cukup baik. Di sini terlihat dari permasalahan mengenai proses pemilihan jurusan di MAN Kandangan sangat minim siswa, guru serta orang tua dapat bekerjasama sehingga siswa dapat melakukan proses belajar dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Dian--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Guru bimbingan dan konseling; memilih jurusan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2018 08:11
Last Modified: 04 Apr 2018 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24041

Actions (login required)

View Item View Item